Cara Memakai Sumpit Untuk Pemula Yang Benar Dengan Mudah!

Sekarang ini sudah bisa kita temukan dengan mudah makanan yang asalnya dari negara Jepang, Korea dan China. Nah, kalau kamu salah satu orang yang memang suka dengan makanan dari negara-negara tersebut harus tahu bagaimana cara memakai sumpit yang baik dan benarnya.

Memang ketika kita menginginkan makanan yang asalnya dari negara Korea, Jepang atau China, kita tidak perlu pergi ke negara asalnya. Pasalnya sekarang ini sudah banyak tersedia di negara Indonesia. Tinggal pergi ke restoran yang menjual berbagai makanan khasnya saja, kita sudah bisa merasakannya.

Namun, ketika makan makanan khas negara-negara tersebut kebanyakan akan disediakan sumpit untuk memakannya. Hal ini, karena memang di negara asalnya makanan tersebut mereka makan dengan menggunakan sumpit. Namun, tidak jarang orang yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakannya.

Nah, supaya bisa menggunakannya dengan baik dan benar serta tidak malu ketika menggunakannya, maka simak tutorial yang ada di bawah ini. Kami akan sampaikan pembahasan mengenai cara memakai sumpit yang baik dan benar di bawah ini.

Cara Memakai Sumpit Untuk Pemula Yang Benar

Sumpit merupakan salah satu alat makan yang berasal dari negara Tiongkok. Alat makan ini sudah digunakan sejak beribu-ribu tahun lamanya, yaitu sekitar 5000 tahun sebelum masehi. Awalnya sumpit ini terbuat dari bekas tulang-belulang binatang. Nah, dalam perkembangannya sumpit ini akhirnya banyak digunakan oleh berbagai negara.

Seperti China, Jepang, Korea dan negara-negara yang lainnya. Sekarang ini juga sumpit ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan. Mulai dari plastik, kayu dan bahkan ada yang dari logam. Mau sumpitnya terbuat dari apapun, nantinya cara penggunaannya ini akan sama saja.

Rekomendasi  Foto Profil WA Aesthetic Keren Untuk Cowok & Cewek Terbaru

Nah, bagi yang memang belum mengetahui bagaimana cara penggunaan sumpit, bisa simak pembahasan kali ini. Kami akan sampaikan pembahasan mengenai cara memakai sumpit yang yang baik dan benar, untuk pemula dan juga anak-anak. Selengkapnya simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Bisa ambil terlebih dahulu sumpit yang pertama (A) dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari, posisinya seperti memegang pensil.
  2. Kemudian, seimbangkan sumpit yang pertama (A) dengan jari manis.
  3. Setelah itu ambil kembali sumpit yang kedua (B) dan letakkan di atas sumpit yang pertama (A) namun masih di posisi antara jari telunjuk dan ibu jari.
  4. Sumpit yang kedua (B) seimbangkan dengan menggunakan jari tengah.
  5. Jika sudah berada di posisinya masing-masing, rasakan pegangan sumpitnya dengan nyaman dengan ibu jari berada di kedua sumpit.
  6. Posisi jari manis tetap di sumpit yang pertama (A) untuk menahan pegangan agar lebih kuat.
  7. Sedangkan jari tengah dan jari telunjuk untuk menggerakkan sumpit agar bisa mengambil makanan.
  8. Selesai, bisa makan dengan nyaman menggunakan sumpit.

Aturan Memakai Sumpit Di Berbagai Negara

Walaupun memang, secara keseluruhan sumpit ini merupakan alat makan yang masyarakat Asia Timur gunakan, tetapi ternyata sumpit ini memiliki etika yang berbeda dari setiap negara. Etika tersebut berisi tentang larangan dan cara memakai sumpit di setiap negaranya tersebut.

Jadi, nanti etika dalam penggunaan sumpit dari negara China ada sendiri, etika penggunaan sumpit dari negara Jepang ada sendiri, dan begitu juga dengan negara-negara lainnya. Nah, supaya bisa mengetahuinya dengan jelas, maka kali ini kami akan sampaikan beberapa etika yang ada untuk penggunaan sumpit di berbagai negara.

Etika Menggunakan Sumpit Di China

Untuk pembahasan etika yang pertama ini adalah etika yang ada di China dalam penggunaan sumpit ini. Ada beberapa etika dan larangan yang memang harus dipatuhi oleh orang saat makan menggunakan sumpit di China. Kalau begitu, langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

  • Sumpit tidak boleh untuk memukul-mukul sisi piring atau mangkok yang bisa menimbulkan suara berisik. Pasalnya orang China menganggap hanya pengemis yang melakukan hal tersebut supaya bisa mendapatkan makanan.
  • Harus menggunakan sumpit dengan tangan kanan. Tidak boleh menggunakan sumpit dengan tangan kiri walaupun seseorang itu adalah kidal. Karena makan dengan menggunakan tangan kiri itu dianggap kurang pantas dan tidak sopan.
  • Sumpit tidak boleh digunakan untuk menunjuk suatu makanan, orang atau pun benda. Karena jika menunjuk dengan menggunakan sumpit itu memiliki arti menghina, menuduh orang, atau lainnya.
Rekomendasi  Cara Menggunakan Madu untuk Wajah, Bibir, Rambut & Luka

Etika Memakai Sumpit Di Korea

Setelah melihat etika memakai sumpit di China maka kali ini harus mengetahui etika memakai sumpit di Korea. Pasalnya seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi kalau setiap negara memiliki etikanya masing-masing. Maka dari itu simak beberapa etikanya di bawah ini.

  • Ketika menggunakan sumpit tidak boleh secara bersamaan menggunakan sendok. Jadi, tidak boleh menyuap makanan dengan menggunakan sumpit dan sendok sekaligus.
  • Jika sedang makan tidak boleh mengambil makanan atau mengangkat sumpit terlebih dahulu daripada orang tua.
  • Selanjutnya tidak boleh mengambil makanan dengan cara menancapkan sumpit di atas makanan. Selain itu, tidak boleh mendirikan sumpit tegak ke atas karena hal ini seperti melambangkan dupa yang ada di upacara kematian.

Etika Memakai Sumpit Di Jepang

Etika yang terakhir ini adalah ketika memakai sumpit di Jepang, nantinya pengguna harus menaati etika-etika yang telah ada di sana. Maka dari itu di bawah ini ada beberapa etika yang harus pembaca perhatikan.

  • Dalam penggunaan sumpit tidak boleh untuk melakukan hal yang lainnya selain untuk makan. Seperti menarik wadah makan dengan sumpit, memukul-mukul meja, dan lainnya. Karena semua hal itu masyarakat Jepang anggap tidak sopan.
  • Tidak boleh mengambil makanan dengan menancapkan sumpit ke makanannya. Pasalnya hal ini dianggap tidak menghargai dan tidak sopan kepada orang yang telah memberikan makanannya tersebut.

Nah, itulah beberapa etika yang ada di berbagai negara untuk makan menggunakan sumpit. Sudah tahu kan sekarang bagaimana cara memakai sumpit dan etika-etikanya? Kalau begitu, bisa langsung mencoba menggunakannya sekarang juga.


Rekomendasi

DMCA Protected