Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Agama Islam + Haditsnya

Banyak sekali jenis pidato yang bisa pembaca temukan sekarang ini. Beragam jenis pidato ini bisa menjadi salah satu referensi yang membantu para calon pembaca pidato. Apalagi untuk menemukan teks pidato yang sedang dicari-cari oleh calon pembaca pidato tersebut. Kalau begitu sekarang ini kami akan memberikan contoh teks pidato singkat tentang agama.

Pidato tidak hanya melulu tentang bagaimana cara mendapatkan pendidikan yang baik. Atau membahas masalah-masalah yang ada pada lingkungan sekitar, tetapi pidato juga bisa membahas tentang agama. Nah kalau begitu bisa terus berada pada artikel yang satu ini.

Pada artikel skda.co.id akan menyediakan contoh teks pidato tersebut. Untuk yang penasaran bagaimana isi teks pidato tersebut, bisa terus menyimak pembahasan yang ada di bawah ini.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Agama Islam

Pada pembahasan ini pembaca akan langsung menemukan contoh teks pidato singkat tentang agama yang bertemakan Qada dan Qadar.

Berikut merupakan contoh teks pidato singkat tentang Agama Islam Tema Qada dan Qadar :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur yang selalu kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang mana pada pagi yang cerah ini <sesuaikan dengan waktu acara, ex : pagi, siang, sore atau malam> kita dapat berkumpul dalam pelaksanaan acara mingguan kita. Pada acara ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato mengenai Qada dan Qadar.

Para Hadirin,

Dengan kita memiliki pengetahuan tentang adanya Qada dan juga Qadar tentunya memiliki manfaat tersendiri. Dimana saat kita mengetahui hal tersebut, akan menjadi lebih bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Selain bertaqwa kita juga akan lebih memperkuat keimanan kepada Allah.

Rekomendasi  Contoh Soal PTS Seni Budaya Kelas 3 Semester 2 + Jawaban

Pengetahuan tersebut juga akan membuat para umat muslim tersadar kalau apa saja yang terjadi pada bumi ini atas kehendak yang Maha Kuasa. Yang mana saat terjadi musibah atau apapun kita menjadi lebih sabar dalam menjalaninya. Semua hal yang menimpah hidup harus kita jalani dengan segala kekuatan hati.

Karena apapun itu masalah yang menimpa hidup kita adalah ketetapan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semua hal yang ada dalam hidup kita merupakan ketetapan yang setiap makhluknya tidak bisa hindari. Entah itu ketetapan yang baik ataupun buruk akan selalu datang kepada kita jika Allah telah menghendakinya.

Para Hadirin,

Sebagaimana Hadits dari Rasulullah SAW :

Artinya : “Allah telah menetapkan takdir (qada dan qadar) untuk setiap makhluk sejak 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” HR. Muslim

Dengan berbekal pengetahuan Qada dan juga Qadar ini akan membantu setiap umat muslim untuk selalu bersyukur. Selain bersyukur kita juga akan merasakan banyak sekali kenikmatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam penyampaian saya mohon maaf dan dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Struktur Teks Pidato Singkat Tentang Agama Yang Wajib Diketahui

Setelah para pembaca menyimak contoh teks pidato yang tersedia di atasa. Tentunya sudah mengetahui bagaimana bentuk pidato yang benar. Jika belum terlalu jelas, mungkin lebih baik menyimak terlebih dahulu penjelasan mengenai struktur yang harus ada dalam pembuatan teks pidato.

Setiap teks tentu memiliki struktur agar bisa dengan mudah dibaca ataupun dipelajari. pembuatan teks juga akan jauh lebih mudah jika menggunakan struktur teksnya dengan sangat tepat. Kalau begitu daripada bingung, langsung saja perhatikan beberapa struktur beserta contohnya yang diambil dari teks pidato singkat tentang agama mengenai Qada dan Qadar di atas.

Rekomendasi  Contoh Majas Antonomasia Dalam Hikayat dan Artinya

Pembukaan

Ini merupakan salah satu struktur yang paling penting dan harus ada pada teks pidato. Hal ini karena bagian pembukaan ini sangat penting untuk seorang pembaca pidato memulai pembahasannya. Biasanya dalam sini akan tersedia salam pembuka, ungkapan syukur dan juga kalimat penghantar topik.

Berikut ini merupakan contoh pembukaan :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur yang selalu kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang mana pada pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul dalam pelaksaan acara mingguan kita. Pada acara ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato mengenai Qada dan Qadar.

Isi

Struktur berikutnya ini adalah bagian isi, yang mana pada bagian ini berisikan pembahasan pokok dari pidatonya. Pada bagian isi ini pastikan pembaca menyusun berbagai pembahasan dengan baik. Jika ada argumen yang disampaikan dalam pidato harus disertakan dengan data yang dapat mendukung.

Menyertakan data yang akan mendukung argumentasi tentu akan membuat pendengar menjadi percaya dengan apa yang kalian sampaikan. Maka dari itu bisa menyusun semua pembahasan dengan sangat logis dan juga tidak berbelit. Agar nantinya para pendengar juga mudah memahami isi dari pidatonya.

Contoh struktur isi dalam pidato :

Dimulai dari awal paragraf ‘Dengan kita memiliki pengetahuan tentang adanya Qada dan juga Qadar tentunya memiliki manfaat tersendiri.’ Sampai dengan akhir paragraf ‘Entah itu ketetapan yang baik ataupun buruk akan selalu datang kepada kita jika Allah telah menghendakinya.’

Penutup

Ini merupakan bagian yang paling akhir dari dalam teks pidato. Bagian ini juga tidak kalah penting untuk ada dalam teks tersebut. Karena memang bagian ini berisikan tentang kesimpulan dari apa yang sudah pembaca sampaikan. Jadi pendengar juga bisa paham apa yang sudah disampaikan ketika mendengarkan kesimpulannya.

Rekomendasi  Bilangan Berpangkat Pecahan, Bentuk Akar, dan Contoh Soal

Tidak hanya berisikan kesimpulan, biasanya para pembaca pidato juga meminta maaf jika ada kata yang kurang atau kata-kata yang salah. Tidak lupa pembaca akan menyampaikan ucapan terimakasih pada akhir pidato sebelum salam.

Contoh bagian penutup pada pidato :

Dengan berbekal pengetahuan Qada dan juga Qadar ini akan membantu setiap umat muslim untuk selalu besyukur. Selain bersyukur kita juga akan merasakan banyak sekali kenikmatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam penyampaian saya mohon maaf dan dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tujuan Pidato Singkat Tentang Agama Pendek

Setelah menyimak beberapa penjelasan yang ada di atas. Tentunya sudah sangat paham dan bisa untuk membuat teks pidato mandiri. Karena penjelasan mengeni strukturnya sudah artikel ini sediakan dengan sangat jelas. Kalau begitu sekarang ini adalah pembahasan terakhir yang berisikan tentang tujuan berpidato.

Untuk orang yang belum mengetahui sebenarnya apa saja tujuan orang melakukan pidato. Bisa terus menyimak pembahasan ini karena akan membawakan banyak sekali tujuan dari berpidato.

  • Mendapatkan kepercayaan atau keyakinan orang lain, biasanya pidato dengan tujuan yang seperti ini akan ditemukan pada pidato kampanye. Para calon partai politik akan menyampaikan segala gagasan ataupun janjinya pada kampanye untuk mendapatkan keyakinan dari orang lain.
  • Bisa menghibur para pendengar, mungkin akan menemukan beberapa pembaca pidato yang sangat menghibur karena kata-katanya mengandung lelucon atau lain sebagainya.
  • Pidato untuk memberikan banyak informasi, biasanya pidato yang memiliki tujuan seperti ini akan pembaca temukan pada konferensi pers atau lainnya. Ataupun sebuah pidato yang mengklarifikasi sebuah masalah dan biasanya ditujukan untuk umum.