Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Arab, Latin Dan Artinya

www.skda.co.id - sadar kaya dunia akhirat

Doa Masuk Masjid – Agama islam sangat menjunjung tinggi adab atau etika terutama ketika akan masuk ketempat-tempat ibadah salah satunya adalah masjid.

Tentunya adab atau etika yang penting diperhatikan adalah membaca do’a masuk masjid, hal ini menunjukkan bahwa begitu butuhnya seorang hamba kepada Allah SWT.

Karena Allah SWT yang selalu memberikan Rahmat kepada semua makhluk, tidak pandang bulu, si kaya dan si miskin tetap Allah SWT berikan Rahmat.

Begitu pula ketika seorang muslim akan memasuki tempat-tempat ibadah atau masjid dianjurkan untuk berdoa dengan harapan Allah SWT berikan Rahmat dab berkah didalamnya.

Bacaan Doa Masuk Masjid Shohih Sesuai Sunnah

Karena Rosulullah SAW yang mengajarkan do’a masuk masjid tentu jika ummatnya mengamalkan. Selain mengikuti sunnah maka akan ada manfaat dan fadhilah yang didapatkan.

Intinya sekecil apapun sunnah yang diajarkan Nabi SAW jangan sampai disepelekan, sebisa mungkin dikerjakan sekuat dan semampunya seperti halnya do’a masuk masjid.

Do’a masuk masjid ada dua versi yakni yang pendek dan yang penjang, semuanya shohih dan benar bisa diamalkan oleh ummat muslim.

Dalam artikel ini akan dituliskan kedua versi do’a masuk masjid tersebut, agar memudahkan ummat muslim untuk memilihnya.

Doa Masuk Masjid Pendek

Seperti yang sudah penulis sampaikan diatas maka dibawah ini akan dituliskan do’a masuk masjid versi pendek namun shohih dan dapat diamalkan.

Adapun bacaan doa masuk masjid pendek adalah sperti dibawah ini :

Rekomendasi  Doa Nabi Muhammad Mustajab Di Pagi Hari dan Setelah Sholat

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf tah lii abwaaba rohmatik

Artinya :

Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.

Doa Masuk Masjid Yang Panjang

Kali ini penulis akan menuliskan do’a masuk masjid dengan versi panjang, sesuai sunnah dan shohih berarti ummat muslim bisa mengamalkannya.

Berikut dibawah ini doa masuk masjid yang panjang :

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A’udzu billaahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya :

Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu.

Doa Masuk Keluar Masjid

Setelah mengetahui bacaan do’a masuk masjid maka perlu juga mengetahui bacaan doa keluar masjid. Karena termasuk adab dalam islam ketika ummat islam akan keluar masjid yakni membaca doa.

Selain merupakan adab ketika keluar masjid dalam doa tersebut tersirat memohon kemudahan kepada Allah SWT untuk mencari fadhol.

Simak kedua doa dibawah ini yakni doa masuk masjid dan doa keluar masjid sesuai sunnah yang diajarkan Rosulullah SAW.

Doa Masuk Masjid Latin Pendek

Adapun doa masuk masjid tulisan latin pendek adalah seperti dibawah ini :

Rekomendasi  Kenapa Babi Haram Tapi Diciptakan Dalam Al-Qur'an

Allaahummaf tah lii abwaaba rohmatika

Artinya :

Ya Ilahi Ya Robbi Ya Allah Bukalah Untukku Pintu-Pintu RohmatMu

Doa Keluar Masjid

Adab ketika akan keluar masjid adalah membaca doa yakni memohon kepada Allah dimudahkan mendapatkan fadhol.

Adapun doa keluar masjid adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allaahumma innii as aluka ming fadhlika

Artinya :

Wahai Allah sesungguhnya saya memohon fadilah kepada-Mu.

Adab Masuk Masjid

Setelah mengetahui bacaan do’a masuk masjid, sepertinya ada yang kurang jika belum tidak sekaligus mengetahui adab masuk masjid.

Adab memasuki masjid sangat dianjurkan, karena masjid adalah tempat yang sakral untuk melaksanakan ibadahnya ummat muslim.

Adapun adab masuk masjid yang perlu diamalkan adalah sebagai berikut :

  • Membaca tasbih saat diperjalanan menuju masjid
  • Usahakan sudah berwudhu atau suci dari hadats dan najis
  • Masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu dilanjutkan dengan membaca doa masuk masjid
  • Sunnah melaksanakan sholat wudhu, sholat tahiyatul masjid dan sholat sunnah Rawatib lainnya
  • Berdiam diri dengan terus membaca tasbih atau zikir tidak bercengkearama samapai iqomat dan melanjutkan sholat fardhu secara berjamaah.
  • Usahakan tidak berbicara yang tidak bermanfaat, terlebih bercanda yang berlebihan didalam masjid
  • Dan lain sebagainya

Penutup

Inilah ringkasan doa masuk masjid sesuai sunnah yang diajarkan Rosulullah SAW, yang ditulis dalam sebauh artikel skda.co.id.

Besar harapan penulis artikel ini dapat bermanfaat dan juga diamalkan isinya oleh ummat muslim yang mempelajarinya.

Wallahu A’lam….