Doa Untuk Orang Meninggal : Umum, Laki-Laki & Perempuan

www.skda.co.id - sadar kaya dunia akhirat

Doa Untuk Orang Meninggal – Setiap yang bernyawa tentu akan mengalami kematian, kematian seseorang tidak ada yang mengetahuinya keculi orang yang Allah beritahu.

Sedangkan untuk manusia yang masih hidup dianjurkan untuk mendoakan mayyit atau si fulan yang telah meninggal.

Karena doa atau ucapan seseorang yang berada disekeliling mayyit akan diaminkan oleh para malaikat, maka dari itu berkata yang baik dan sebaiknya berdoa untuknya.

Beragam Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal Secara Islam

Orang yang sudah meninggal dunia sangat butuh dengan doa yang dipanjatkan, hanya saja manusia yang masih hidup tidak diperlihatkan.

Maka dari itu penulis akan menuliskan bacaan doa untuk orang yang meninggal dunia sesuai dengan jenazah yang dituju laki-laki atau perempuan, simak kelanjutan artikel dibawah ini.

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-laki

Ketika ingin mendoakan orang meninggal tentu harus dilihat terlebih dahulu jenis kelaminnya. Karena bacaan doa untuk laki-laki dan perempuan ada sedikit perbedaan.

Adapun doa untuk orang meninggal laki-laki adalah seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu, wa akrim nuzula hu, wa wassi’ madkhola hu, waghsil hu bilmaa’i wats tsalji walbarodi, wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi, wa abdil hu daaron khoiron min daari hi, wa ahlan khoiron min ahli hi, wazaujan khoiron min zaoji hi, wa adkhil hul jannata, wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa ‘adzaabin naar.

Rekomendasi  Arti Mimpi Terbang Tinggi ke Langit Tanpa Sayap Menurut Islam

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur dan dari siksa api neraka.”

Keterangan : Didalam bacaan doa tersebut diatas ada hak dhomir “هُ” (Hu) yang menujukkan bahwa orang yang meninggal adalah laki-laki.

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

Diatas tadi sudah ditulis doa untuk orang meninggal laki-laki dan kali ini akan dituliskan doa untuk orang meninggal perempuan.

Sehingga akan terlihat perbedaannya, meskipun sebenarnya isi dan tujuannya adalah sama, hanya saja objek yang dituju tidak sama yakni antara jenazah lelaki dan perempuan.

Adapun bacaan doa untuk orang meninggal perempuan dapat dilihat dibawah ini :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahaa warham haa wa’aafi haa wa’fu anhaa, wa akrim nuzula haa, wa wassi’ madkhola haa, waghsil haa bil maa’i wats tsalji wal barodi, wa naqqi haa minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi, wa abdil haa daaron khoiron min daari haa, wa ahlan khoiron min ahli haa wazaujan khoiron min zauji haa, wa adkhil hal jannata, wa ‘aidz haa min ‘adzaabil qobri wafitnati hi, wa min ‘adzaabin naar.

Rekomendasi  Amalan Malam Jumat Untuk Wanita Haid & Dikabulakan Doa

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Keterangan : Di dalam doa tersebut diatas ada hak dhomir “هَا” Haa yang menunjukkan makna doa yang ditujukan adalah untuk jenazah perempuan.

Doa Untuk Orang Meninggal Secara Umum Dan Sesuai Sunnah

Adapun secara umum doa untuk orang yang meninggal sering ditemui atau diperdengarkan ketika seorang imam memimpin doa untuk orang yang sudah meninggal.

Doa yang umum ini bisa dibacakan untuk jenazah laki-laki juga bisa dibaca untuk jenazah perempuan.

Adapun bacaan doa untuk orang meningga secara umum dan sesuai sunnah adalah seperti dibawah ini :

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Artinya :

“Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

Penutup

Inilah artikel dibuat oleh penulis yang isinya tentang bacaan doa untuk orang meninggal, baik laku-laki atau perempuan sesuai sunnah Rosulullah SAW.

Rekomendasi  Agama Tertua di Dunia Menurut Al-Qur'an Dan Sejarah

Harapan penulis artikel ini bisa bermanfaat untuk semua ummat muslim terlebih yang akan mendoakan orang yang sudah meninggal.

Wallahu A’lam….


Rekomendasi

DMCA Protected