Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab, Lengkap Untuk Rezeki

Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab, Lengkap Untuk Rezeki
Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab, Lengkap Untuk Rezeki

Doa Setelah Sholat Hajat – Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW untuk dikerjakan. Terutama ketika menginginkan sesuatu agar lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Biasanya ummat muslim mengerjakan sholat hajat pada malam hari, yakni berdampingan dengan sholat tahajjud.

Namun pada dasarnya sholat hajat juga bisa dikerjakan disiang hari yakni seperti sholat sunnah pada umumnya berjumlah dua rokaat.

Sholat hajat memiliki doa khusus sebagai sarana atau wasilah seorang hamba yang hajatnya ingin dikabulkan.

Macam-macam Doa Setelah Sholat Hajat Yang Diajarkan Rosulullah SAW

Setelah melaksanakan sholat hajat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT terkait apa yang menjadi keinginan seorang hamba.

Dengan hal tersebut akan terlihat betapa lemahnya seorang hamba, yang tidak mampu mewujudkan sekecil apapun yang ia inginkan kecuali jika Allah SWT mewujudkannya.

Doa setelah sholat hajat juga merupakan bagian dari ikhtiar yang dilantunkan oleh ummat muslim setelah ia bekerja secara syariatnya.

Sedangkan doa setelah sholat hajat adalah sebagai penujang dari ikhtiar yang dilakukan, dalam artian memohon kepada Allah agar dimudahkan dalam menggapai keinginannya.

Berikut dibawah ini beragam do’a setelah sholat hajat yang diajaran oleh Rosulullah SAW agar dapat diamalkan oleh ummat muslim.

Doa Setelah Sholat Hajat Arab Latin Dan Artinya

Agar ummat muslim mudah membaca, menghafal dan memahami makna dari doa setelah sholat hajat, maka akan dituliskan berupa teks arab, latin dan artinya.

Adapun bacaan doa setelah sholat hajat arab, latin dan artinya adalah seperti dibawh ini :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariim. Subhaanallaahi rabbil ‘arsyil kariimil ‘azhiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatik, wa ‘azaa’ima maghfiratik, wal ghaniimata min kulli birrin, was salaamata min kulli itsmin. La tada‘ lii dzanban illaa ghafartah, wa laa hamman illaa farrajtah, wa laa haajatan hiya laka ridhan illaa qadhaitahaa ya arhamar raahimiin.

Artinya :

“Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau terlantarkan aku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Doa tersebut diatas adalah doa setelah sholat hajat pada umumnya yang sering dibaca oleh ummat muslin setelah melakukan sholat hajat.

Akan tetapi karena do’a tersebut lumayan panjang sehingga banyak ummat muslim yang mengutarakan doanya setelah sholat hajat terkadang langsung kepada inti yang diinginkan.

Doa Setelah Sholat Hajat Yang Mustajab

Sebenarnya semua doa yang ucapkan oleh ummat islam insya Allah akan dikabulkan, hanya saja cara Allah SWT lebih indah untuk mengabukan sebuah doa hambanya.

Namun memang ada beberapa doa mustajab, baik dilihat dari waktu membacanya, ataupun doa itu sendiri yang dibaca.

Apalagi do’a yang panjatkan setelah sholat hajat diwaktu malam hari atau sepertiga malam, insya Allah akan lebih mudah dikabulkan Allah SWT.

Mustajab disisni termasuk mengandung arti do’a setelah sholat hajat agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Adapun bacaan doa setelah sholat hajat yang mustajab adalah seperti dibawah ini :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aali Sayyidinaaaaaa Muhammadin shalaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al haajat wa tuthahhirunaa bihaa min jamii’is sayyiaat wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad darajaat wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayat min jamii’il khairaati fil hayaati wa ba’dal mamaat

Artinya :

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Doa Setelah Sholat Hajat Meminta Rezeki

Sholat hajat bisa dikerjakan kapan saja untuk waktunya bebas, kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan untuk sholat.

Karena sholat hajat dikenal dengan sholat yang bertujuan memohon kepada Allah terkait hajat atau keinginan baik dunia maupun akhirat.

Maka bisa saja misalkan setelah bekerja atau ikhtiar secara syariatnya kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan sholat hajat minimal dua rokaat.

Begitu juga ketika menginginkan hajat rezeki dunia lebih bagus ketika meminta kepada Allah melalui sholat hajat.

Adapun doa setelah sholat hajat Meminta Rezaki adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

“Allahumma ak tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh fir lii

Artinya :

Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku, serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu, dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Penutup

Demikianlah ringkasan artikel yang ditulis dalam web skda.co.id terkait Doa Setelah Sholat Hajat.

Semoga dapat bermanfaat untuk ummat muslim yang saat ini sedang mencari refrensi doa sholat hajat untuk kepentingan dunia maupun akhirat.

Cukup sekian dan terimakasih Wallhu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected