Doa Nabi Muhammad Mustajab Di Pagi Hari dan Setelah Sholat

Doa Nabi Muhammad Mustajab Di Pagi Hari dan Setelah Sholat

Doa Nabi Muhammad – Rosulullah SAW telah mengajarkan ummatnya untuk tidak meninggalkan doa setelah melaksanakan ikhtiar, begitu pula sebaliknya tidak menganjurkan hanya berdoa saja tanpa adanya ikhtiar.

Terbukti dari banyaknya bacaan doa yang tertulis baik dalam Al-Qur’an maupun hadis, dengan hal tersebut ummat Nabi Muhammad SAW cukup memilih beragam doa yang akan dibaca sesuai dengan keadaan.

Maka dari itu penulis akan merangkum beberapa doa Nabi Muhammad SAW didalam artikel skda.co.id agar mudah dibaca dan dihafalkan.

Doa Nabi Muhammad SAW Yang Banyak Dicari Ummat Muslim

Berikut dibawah ini doa nabi muhammad SAW yang banyak dicari ummat muslim, bahkan diberbagai internet ataupun media sosial lainnya.

Selain dari pada itu hal ini bisa terjadi karena kebutuhan doa yang sangat sesuai dengan keadaan yang di inginkan. Berikut dibawah ini beragam do’a nabi Muhammad yang dapat dijadikan pedoman.

Doa Nabi Muhammad Setelah Sholat

Adap seorang hamba setelah melaksanakan sholat tentu akan membaca dzikir dan doa terlebih dahulu sebagai pengakuan antara hamba dengan Allah SWT.

Adapun rangkaian doa nabi Muhammad SAW setelah sholat adalah sebagai berikut :

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

Artinya :

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semests alam, dengan pujian yang sesuai dengan nikmatnya dan memungkinkan ditambah nikmatnya. Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana yang patut bagi keagungan-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu.

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Rekomendasi  4 Manfaat Sedekah Akhir Tahun Sebagai Penutup Amalan

Artinya :

Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :

Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam

Doa Nabi Muhammad Saw Doa Mustajab

Setiap manusia yang melantunkan doa tentunya ingin sekali doa tersebut dikabulkan atau diterima atau mustajab sesuai dengan janji Allah akan mengabulkan semua doa ummatnya.

Namun kemungkinan besar karena banyaknya dosa yang menjadi penghalang doa tersebut sampai kepada Allah SWT.

Maka dari itu ketika berdoa tetap harus perhatikan adap tidak ugahnya seperti menghadap presiden dan lain sebagainya.

Adapun doa Nabi Muhammad Saw doa mustajab adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

Selain doa diatas termasuk doa mustajab, rosulullah SAW juga sangat senang membaca doa tersebut. Tentunya bagi ummat Rosulullah SAW ikut senang dalam mengamalkan doa mustajab diatas.

Rekomendasi  Doa Menerima Zakat Fitrah Arab, Latin, beserta Artinya

Doa Nabi Muhammad Di Pagi Hari

Berikut dibawah ini doa Nabi Muhammad dipagi hari yang sering dibaca oleh Beliau SAW :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya :

“Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa Nabi Muhammad Ketika Dalam Kesulitan

Rosulullah mengajarkan ummatnya pada saat kesulitan melanda untuk membaca doa berharap kepada Allah agar dimudahkan segala urusannya.

Adapun doa nabi Muhammad ketika dalam kesulitan adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illa anta.

Artinya :

Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan, maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau.” (HR Abu Daud)

Doa Nabi Muhammad Untuk Umatnya

Rosulullah sangat sayang kepada ummatnya sehingga beliau rela mendoakan keselamatan bagi seluruh ummat Nabi Muhammad SAW.

Adapun salah satu doa Nabi muhammad untuk umatnya ialah seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ وَتَجَاوَزْ عَنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ وَاَصْلِحْ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ

Allahummarham ummata Muhammad, wa tajawaz ‘an ummati Muhammad, wa ashlih ummata Muhammad.

Artinya :

” Ya Allah, sayangilah umat Muhammad. Ya Allah ampunilah (dosa) umat Muhammad. Ya Allah, perbaikilah (semua urusan) umat Muhammad.”

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait kumpulan beberapa do’a nabi Muhammad yang dapat dibaca dan juga bisa menjadi amalan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi  Doa Iftitah dan Artinya Dalam Bahasa Latin Arab Lengkap

Semoga ringkasan beberapa do’a nabi Muhammad yang ditulis dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk semua ummat muslim. Wallahu A’lam. 


Rekomendasi

DMCA Protected