Quran Surah (Surat) Al Maidah Ayat 48 Arab, Latin dan Artinya

Quran%20Surah%20(Surat)%20Al%20Maidah%20Ayat%2048%20Arab,%20Latin%20dan%20Artinya

Surah Al Maidah Ayat 48 – Al-Quran adalah wahyu yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril sekaligus merangkum dari semua kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya.

Sedari awal Al-Qur’an diwahyukan sampai dengan saat ini tidak berubah makna dan arti yang terkandung didalamnya, hal ini bisa terjadi karena Al-Quran dijaga oleh Allah SWT kemurniannya.

Didalam Al-Qur’an terdapat 114 surah, salah satunya adalah surat Al-Maidah yang memiliki 120 ayat. Adapun yang akan ditulis dalam artikel skda.co.id ini adalah Al-Maidah ayat 48.

Bacaan Surah Al-Maidah Ayat 48 Arab Latin Dan Artinya

Dua wasiat Rosulullah SAW yang diberikan kepada ummat muslim dan kedua wasiat tersebut harus diamalkan yakni Al-Qur’an Dan Al-Hadits.

Akan tetapi tidak semua ummat Rosulullah SAW diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam membaca Al-Qur’an teks arab.

Maka dari itu penulis disini akan mengulas bacaan surat Al-Maidah ayat 48 teks arab latin dan artinya agar mudah dibaca dan dimengerti maksud dari ayat tersebut.

Adapun bacaan surah al-maidah ayat 48 teks arab latin dan artinya dapat dilihat dibawah ini :

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

Rekomendasi  Doa Penutup Acara Resmi, Rapat Singkat Bahasa Arab

Wa anzalnaa ilaikal-kitaba bil haqqi mushaddiqal lima baina yadaihi minal kitaabi wa muhaiminan ‘alaihi fahkum bainahum bimaa anzalallahu wa laa tattabi’ ahwaa-ahum ‘ammaa jaa-aka minal haqq, likullin ja’alnaa mingkum syir’ataw wa min-haajaa, walau syaa`allahu laja’alakum ummataw waahidataw wa laakil liyabluwakum fii maa aataakum fastabiqul-khairaat, ilallahi marji’ukum jamii’an fa yunabbi’ ukum bimaa kuntum fiihi takhtalifuun.

Artinya :

Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan,

Surat Al Maidah Ayat 48 Menjelaskan Tentang Apa ?

Didalam surat Al-Maidah ayat 48 terdapat 4 kandungan yang menjelaskan tentang Aqidah atau keyakinan akan kebenaran Al-Qur’an.

Adapun penjelasan dari 4 kandungan yang ada didalam surat Al-Maidah ayat 48 adalah sebagai berikut :

Tidak Ada Keraguan Didalamnya

Tidak ada sedikitpun yang menjadi keraguan tentang isi kandungan Al-Qur’an, bahkan merangkum dan membenarkan kitab-kitab yang ada pada masa sebelumnya. Karena pada masa itu isi dari kitab-kitab yang sebelumnya sudah dirubah oleh kaum yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai Pegangan Hidup

Al-Qur’an dapat dijadikan sebagai media untuk menyelesaikan segala masalah yang terjadi, maka dari itu wajib dijadikan pedoman dalam hidup.

Walaupun seiring berjalannya kehidupan manusia semakin pesat perkembangannya, namun tidak merubah isi kandungan Al-Quran. Bahkan jika dikaji dengan benar masalah dizaman saat ini dapat diselesaikan juga ,elalui wasilah bacaan Al-Qur’an.

Rekomendasi  Bacaan Niat Sholat Lailatul Qadar Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Allah Ciptakan Manusia Berbeda-beda

Beragam Allah SWT menciptaan manusia dan memberikan kesempatan kepada manusia itu sendiri untuk melakukan kebaikan yang banyak dan diakui Allah SWT.

Semua Manusia Akan Kembali

Manusia diciptakan oleh Allah SWT namun memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada sang pencipta.

Sehingga ketika kembali menghadap kepada Allah SWT ia akan mendapatkan balasan sesuai dengan yang pernah dilakukan.

Hukum Tajwid Dalam Surah Al Maidah Ayat 48

Hukum bacaan tajwid yang ada didalam surat Al-Maidah ayat 48 ada banyak macamnya namun disini akan dituliskan hanya beberapa saja.

Adapun beberapa hukum bacaan tajwid dalam surat Al-Maidah ayat 48 adalah seperti dibawah ini :

اِلَيْكَ الْكِتٰبَ : Al-Qomariyah Sebabnya adalah ada (الْ) bertemu dengan huruf (كِ)

بِمَآ اَنْزَلَ : Mad Jaiz Munfashil Alasannya ialah ada mad thobi’i bertemu dengan hamzah dalam dua kalimat dibaca panjang 5 harokat.

وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ : Mad Wajib Mut Tashil Sebabnya ialah Ada Mad Thobi’i bertemu dengan hamzah didalam satu kalimat cara membacanya panjang 6 harokat.

فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا : Idghom Mimi Sebab ada huruf Mim Sukun (مْ) bertemu dengan huruf Ba’ (بِ)

Penutup

Demikianlah penulisan tentang Surah Al Maidah Ayat 48 baik dari teks arab, latin dan artinya serta makna yang terkandung didalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak ummat muslim hususnya yang sedang mencari ayat tersebut.

Penulis sangat membuka diri untuk dibenarkan jika ada kalimat atau penjelasan yang salah dalam artikel ini. Wallahu A’lam.