Pengertian Dan Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Serta Contohnya

Alqur’an adalah kalam Allah SWT yang berbahasa Arab dan menjadi pedoman hidup bagi ummat muslim. Tentunya penting mempelajari ilmu tajwid tentang Hukum Nun Sukun Dan Tanwin hususnya Izhar Kholqi.

Karena mempelajari ilmu tajwid hukumnya adalah fardu kifayah, jika dalam satu kampung ada yang paham tentang ilmu tajwid satu orang saja maka gugur kewajiban warga dikampung tersebut untuk mempelajarinya.

Akan tetapi sebaliknya jika dalam suatu kampung tersebut satu saja tidak ada orang yang paham tentang ilmu tajwid maka berdosa semua.

Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Dan Contohnya

Hukum didalam ilmu tajwid banyak pilihannya namun diartikel skda.co.id ini hanya akan menjelasakan satu hukum saja yakni Hukum Nun Sukun Dan Tanwin.

Menuqil dari kitab “Hidayatus Sibyan” bahwa Hukum Nun Sukun Dan Tanwin itu ada lima. Diamana kelima hukum tersebut memiliki huruf dan cara baca yang berbeda.

Akan tetapi didalam artikel ini hanya akan dijelaskan hukum nun sukun dan tanwin husus Izhar Kholqi berserta contoh lengkapnya.

Pengertian Izhar Kholqi

Izhar Kholqi jika dilihat dari segi bahasa “Izhar artinya jelas” sedangkan “Kholqi artinya tenggorokan.

Sedangkan menurut istilah adalah hukum bacaan tajwid yang apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf izhar maka dibaca jelas.

Seperti nama hukumnya jadi cara membacanya juga harus jelas tidak dengung atau samar. Untuk mengetahui cara membacanya harus hafal hurufnya yang ada 6, adapun huruf tersebut adalah ء , ه , ع , غ , ح , خ.

Rekomendasi  Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Arab dan Sesuai Sunnah

Contoh Izhar Kholqi

Agar lebih memahami terkait hukum bacaan ilmu tazwid atau Nun sukun atau Tanwin. Maka dibawah ini akan diberikan contoh hukum bacaan tersebut secara lengkap.

Huruf IzharContohKeterangan
Hamzah “ء”يَنْأَوْنَAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf Hamzah
Hamzah “ء”كُلٌّ آمَنَAda Harokat Dhommah Tain
Bertemu Dengan Huruf Hamzah
Ha “ه”يَنْهَوْنَAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf Ha “ه”
Ha “ه”قَوْمٍ هَادٍAda Harokat Kasroh Tain
Bertemu Dengan Huruf Ha “ه”
‘Ain “ع”مِنْ عِلْمٍ وَلَAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf ‘Ain “ع”
‘Ain “ع”مِنْ عَلَقٍAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf ‘Ain “ع”
Kha’ “ح”نَارٌ حَامِيَةٌAda Harokat Dhommah Tain
Bertemu Dengan Huruf Kha’ “ح”
Ghoin “غ”أَجْرٌ غَيْرُAda Harokat Dhommah Tain
Bertemu Dengan Huruf Ghoin “غ”
Ha “ه”وَمَا هُمْ عَنْهَاAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf Ha “ه”
‘Ain “ع”ذِي قُوَّةٍ عِندَAda Harokat Kasroh Tain
Bertemu Dengan Huruf ‘Ain “ع”
Kho’ “خ”إِذًا كَرَّةٌ خَاسِرَةٌAda Harokat Dhommah Tain
Bertemu Dengan Huruf Kho’ “خ”
Kho’ “خ”شَيْءٍ خَلَقَهُAda Harokat Kasroh Tain
Bertemu Dengan Huruf Kho’ “خ”

Begitulah kurang lebih penjelasan terkait hukum bacaan Izhar Kholqi yang telah ditulis dalam artikel skda.co.id.

Karena mempelajari ilmu tajwid sangatlah penting hsusunya ketika ingin membaca Al-Qur’an. Kunci benar atau salahnya baca’an Al-Quran tergantung dari pemahaman imu tajwid yang dimiliki seseorang tersebut.

Adapun dasar dari ilmu tajwid untuk pemula adalah minimal mengetahui hukum nun sukun dan tanwin hususnya Izhar Kholqi.

Rekomendasi  Niat Puasa 1 Muharram Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Dengan baca’an Al-quran yang benar baik makhroj dan tajwidnya maka akan mendapatkan berbagai manfaat. Sebagaimana yang akan dibahas dibawah ini terkait manfaat membaca Al-Qur’an.

Manfa’at Membaca Al-Qur’an Bagi Yang Paham Ilmu Tajwid

Banyak sekali manfaat bagi orang yang rutin membaca Al-Qur’an, Namun perlu diingat bacaannya harus baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid.

Berikut manfaat yang akan Allah berikan kepada hambanya yang rutin membaca Al-Qur’an.

Mendapat Pahala

Sudah tentu banyak ummat islam yang mendambakan pahala disisi Allah SWT, karena pahala termasuk bekal untuk di akhirat.

Bagi ummat muslim yang rutin membaca Al-Qur’an dengan ikhlas maka Allah SWT akan memberikan pahala untuknya bahkan berlipat ganda.

Sebagaimana Rosulullah SAW telah bersabda :

Yang Artinya : Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai pahala yang diperoleh dari kegiatan membaca Al-Quran ini, yakni “Allah SWT berfirman, ‘Barangsiapa menyibukkan diri untuk membaca Al-Quran sehingga lupa untuk berdoa dan memohon kepada Ku, Aku memberinya pahala yang lebih utama daripada pahala orang-orang yang bersyukur.’” (HR. At-Tirmidzi)

Jika melihat dari hadis Qudsi diatas sudah jelas bahwa saat hamba membaca Al-qur’an akan dihitung sebagai ibadah berpahala disisi Allah SWT.

Selamat Di Hari Penghisaban

Seorang hamba yang rutin membaca Al-Qur’an dengan ikhlas dan hanya mengharap Ridho Allah SWT. Maka akan diangkat dan ditempatkan temapat yang layak saat hari penghisaban.

Sebagaimana Sabda Rosulullah SAW :

Yang Artinya : “Ada tiga orang yang pada hari kiamat berada di atas bukit pasir dari kesturi hitam tanpa disentuh ketakutan dan tidak dikenal penghisaban hingga penghisaban kepada semua manusia selesai. Pertama, orang yang membaca Al-Quran karena mengharapkan ridha dari Allah Azza wa Jalla. Kedua, orang yang mengimami sekelompok orang dengan membacanya dan mereka ridha kepadanya.”

Mendapat Gelar Aminullah

Tidak hanya berpahala bagi ummat islam yang senang membaca Al-Qur’an melainkan Allah beri gelas Aminullah “Orang yang diberi kepercayaan oleh Allah SWT”

Rekomendasi  Doa Sehari-Hari yang Membawa Berkah dalam Kehidupan

Sehingga hamba tersebut semakin dekat dan terus didekatkan kepada Allah untuk selalu berbuat kebaikan dan dijaukan dari perbuatan yang buruk.

Hal ini menuqil dari hadis Rosulullah SAW yakni “Ahli Al-Quran adalah keluarga dan kepercayaan Allah”.

Penutup

Demikian lah penjelasan terkait hukum izhar kholqi yang ada didalam bacaan nun mati dan tanwin berikut contoh lengkap dan cara membacanya.

Semoga bermanfaat, sekiranya ada kesalahan dalam memberikan penjelasan tentang ilmu tajwid mohon kiranya agar diluruskan. Wallahu A’lam


Rekomendasi

DMCA Protected