Doa Nabi Zakaria Minta Jodoh, Keturunan Sholih dan Sholihah

Doa Nabi Zakaria Minta Jodoh, Keturunan Sholih dan Sholihah
Doa Nabi Zakaria Minta Jodoh, Keturunan Sholih dan Sholihah

Ummat muslim tentunya tidak asing lagi dengan Doa Nabi Zakaria, sedari dahulu sampai dengan saat ini banyak yang mencarinya sebagai wasilah untuk memiliki keturunan.

Karena didalam kisahnya Nabi Zakaria AS memiliki istri yang sudah tua, secara logika sudah tidak produktif lagi jika berharap keturunan.

Namun dengan wasilah doa yang dipanjatkan Nabi Zakaria AS, Allah SWT mengabulkannya dan memberikan keturunan.

Hal yang sempat dikhawatirkan oleh Nabi Zakaria AS tidak lagi muncul, karena sempat beliau khawatir sebagai Nabi tidak memiliki keturunan untuk menjadi penerus.

Beragam Pilihan Doa Nabi Zakaria Minta Jodoh dan Keturunan

Meskipun do’a Nabi Zakaria yang mendunia adalah terkait meminta keturunan, akan tetapi ada beberapa doa lain yang juga bisa diamalkan seperti meminta jodoh dan lainnya.

Berikut dibawah ini beragam d’oa Nabi Zakaria yang dapat dijadikan sebagai amalan untuk meminta hajat atau keinginan sesuai kebutuhan.

Doa Nabi Zakaria Bahasa Arab Surat Ali Imran Ayat 38

Salah satu d’oa Nabi Zakaria tertulis didalam Al-Qur’an surat Ali Imran Ayat 38 akan ditulis didalam artikel ini baik bahasa arab latin dan artinya.

Adapun doa nabi zakaria bahasa arab, latin dan artinya adalah seperti dibawah ini :

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Rekomendasi  Sumber Hukum Islam Yang Kaum Muslimin Wajib Tahu

Hunalika da’a zakariyya rabbah, qala rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan ṭayyibah, innaka sami’ud-du’a`

Artinya :

“Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa”

Doa Nabi Zakaria Meminta Keturunan Surat Al-Anbiya’ Ayat 89

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa d’oa nabi zakaria as dominan dengan memina keturunan. Hal ini sangat cocok untuk diamalkan bagi ummat muslim yang sudah menikah namun belum juga dikaruniai keturunan.

Adapun doa nabi zakaria meminta keturunan adalah sebagai berikut :

Doa pertama

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

“Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritisiin.”

Artinya:

“Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik.” (QS Al-Anbiya’: 89)

Doa Ke Dua

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.

Artinya :

“ Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa” (QS. Ali Imron: 38).

Bisa diamalkan setelah sholat fardhu lima waktu atau sebelum melakukan hubung4n bad4n anatara suami istri tentunya dengan niat hanya karena Allah semata.

Doa Nabi Zakaria Meminta Jodoh

Bagi seorang muslim yang seret jodoh atau sudah mencari kemana-mana namun tidak cocok sehingga belum juga menikah.

Maka salah satu ikhtiar atau doa yang dapat diamalkan adalah d’oa nabi zakaria akan tetapi tetap jangan lupa ikhtiar secara zohirnya.

Adapun doa nabi zakaria meminta jodoh adalah sebagai berikut :

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

“Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun.”

Rekomendasi  Niat Sholat Idul Fitri Arab Latin Berjamaah atau Sendiri

Artinya:

“Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”

Doa Nabi Zakaria Dalam Surat Maryam Ayat 4-6

Do’a Nabi Zakaria memohon kepada Allah untuk meminta keturunan diabadikan didalam surat Maryam ayat 4-6.

Dalam doa tersebut rasa kekhawatiran nabi Zakaria terkait tidak bisa memiliki keturunan karena faktor umur yang sudah menua, akan tetapi beliau Nabi Zakaria AS berdoa dengan penuh harap kepada Allah SWT.

قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (4) وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا (5) يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آَلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا (6)

Artinya :

“Ia berkata “Ya Rabbku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Rabbku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku (yang mewarisiku) sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Rabbku, seorang yang diridhai.” (QS. Maryam : 4-6).

Kabar Gembira Untuk Nabi Zakaria Dalam Surat Mariam Ayat 7

Wasilah dari kekuatan ikhtiar dan doa kepada Allah SWT keinginan nabi zakaria as ingin memiliki keturunan dikabarkan dalam surat maryam ayat 7.

Adapun kabar gembira untuk nabi zakaria dalam surat mariam ayat 7 adalah seperti dibawah ini :

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

Artinya :

“Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS. Maryam : 7).

Penutup

Demikianlah ulasan terkait do’a nabi zakaria minta jodoh, keturunan sholih dan sholihah yang dirangkum dalam artikel skda.co.id.

Rekomendasi  Niat Puasa 8 Dzulhijjah dan Niat Puasa Sunnah Tarwiyah

Besar harapan penulis kilasan do’a nabi zakaria ini dapat bermanfaat terutama bagi orang yang belum memiliki pasangan dan juga belum memiliki keturunan. Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected