Doa Rumah Baru Ditempati Sesuai Sunnah Arab, Latin & Artinya

Sadar Kaya Dunia Akhirat

Doa Rumah Baru – Pindah ke rumah baru merupakan momen yang sangat spesial dalam hidup seseorang. Selain membawa rasa senang, pindah ke rumah baru juga menandakan lembaran awal dalam kehidupan.

Oleh sebab itu, sebelum memasuki rumah baru, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa agar Allah memberikan keberkahan pada rumah tersebut. Sehingga rumah yang ditempati akan terasa nyaman (Adem Ayem).

Apalagi jika rumah yang akan ditempati sudah lama kosong, maka perlu membaca doa atau istilah saat ini syukuran rumah yakni doa bersama. Dan disini skda.co.id sudah menyiapkan beberapa doa rumah baru ditempati dibawah ini.

Doa Rumah Baru Islam Agar Penuh Berkah

Penulis sangat memahami keinginan pembaca yang saat ini memiliki rumah baru dan mencari bacaan doa sebelum memasuki rumah barunya. Namun tidak semuanya dapat membaca tulisan arab dengan benar.

Maka dari itu kami disini akan merangkum bacaan doa rumah baru dengan tulisan arab, latin dan artinya dalam artikel pendidikan ini. Sehingga dapat dibaca oleh semua kalangan selain itu juga mudah dipahami artinya.

Berikut dibawah ini bacaan doanya :

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“A’udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq..”

Artinya :

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Selain bacaan doa diatas penghuni rumah yang baru juga bisa membaca doa seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي بَيْتِنَا هَذَا وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rekomendasi  Lirik Sholawat Birosulillah Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia

Allahumma barik lana fi baitina hadza wa barik lana fi ma razaqtana waqina ‘adhaban-nar.

Artinya :

Ya Allah, berkahilah kami dalam rumah kami ini, berkahilah kami dalam apa yang telah Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Rumah Baru Sesuai Islam

Doa rumah baru mempunyai makna yang sangat dalam. Dalam doa tersebut, seorang muslim memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam hal. Seperti gangguan atau kejahatan jin atau syaitan yang kemudian dapat menghancurkan keharmonisan keluarga.

Selain itu, doa ini juga merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas kesempatan yang Allah berikan untuk bisa bertempat tinggal dirumah yang baru. Syukuran rumah baru juga merupakan bentuk permohonan agar Allah memberikan keberkahan pada rumah tersebut.

Sebagai muslim tentunya berharap rumah baru yang ditempati ini menjadi nyaman dan aman bagi keluarga, serta menjadi sumber kebahagiaan yang sakinnah mawaddah warahmah.

Adapun bacaan doa rumah baru sesuai islam dapat dilihat dibawah ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا، وَخَيْرَ أَهْلِهَا، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kebaikan rumah ini, kebaikan penghuninya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan rumah ini, keburukan penghuninya.”

Doa Rumah Baru Ditempati

Kebanyakan orang akan ada rasa senang yang teramat jika memiliki rumah baru, terlebih apabila rumah tersebut adalah bukan harta warisan. Maka dari itu jangan sampai lupa untuk membaca doa sebelum memasuki tempat tinggal barunya.

Karena tidak semua manusia bisa berkomunikasi dengan makhluk astral yang kemungkinan besar sudah bersarang dirumah yang akan ditempati. Sehingga cara mudah dan halus yang bisa dilakukan adalah memohon kepada Allah dengan berdoa.

Rekomendasi  Bacaan Niat Tayamum Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Adapun bacaan doa rumah yang baru ditempati adalah seperti dibawah ini :

Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kebaikan rumah ini dan kebaikan apa yang Engkau telah jadikan padanya, dan aku berlindung pada-Mu dari keburukan rumah ini dan keburukan apa yang Engkau telah jadikan padanya.”

Dzikir dan Doa Menempati Rumah Baru

Pada laman atas sudah dituliskan lengkap bacaan doa ketika akan memasuki rumah baru. Akan tetapi sebaiknya untuk menghidupkan rumah yang baru tidak hanya berhenti pada doa tersebut.

Hidupkan rumah dengan amalan-amalan yang disukai oleh para malaikat pemberi rahmat, seperti membaca Al-Qur’an, Zikir dan bersholawat. Jika beberapa hal tersebut diamalkan dengan tulus dan ikhlas insya Allah keberkahan keluarga yang menempati rumah tersebut akan nyaman dan tentram.

Menghidupkan rumah yang dihuni dengan amalan-amalan sholih sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Sebagaimana yang tertuang didalam hadis Rosulullah SAW bersabda.

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya :

“Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya..” (HR Muslim)

Adapun beberapa bacaan doa dan amalan untuk menempati rumah baru adalah sebagai berikut :

Al-Qur’an adalah kitab suci yang menjadi sumber keberkahan oleh umat Islam. Dengan rutin membaca Al-Qur’an didalam rumah maka dapat membawa keberkahan dan kemuliaan kepada penghuni rumah.

Selain itu bisa menarik kehadiran malaikat dan menjaga rumah dari kehadiran jin atau setan. Bisa membawa keharmonisan dan kebersamaan dalam keluarga. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang antara anggota keluarga.

  • Mengamalkan Zikir Dan Perbanyak Sholawat
Rekomendasi  Doa Meluluhkan Hati Seseorang Yang Dicintai (Secara Lengkap)

Dzikir dan sholawat adalah bentuk ibadah yang dapat membantu mendekatkan diri kepada Allah. Dengan membaca dzikir dan sholawat di dalam rumah, dapat memperkuat hubungan dengan Allah.

Selain itu juga dzikir dan sholawat dapat membantu membersihkan hati dan pikiran dari berbagai macam gangguan dan kecemasan. Dengan membaca dzikir dan sholawat di dalam rumah, dapat menjaga kebersihan hati dan pikiran.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, malaikat senantiasa hadir di tempat-tempat yang dipenuhi dengan dzikir dan ibadah. Dengan membaca dzikir dan doa rumah baru, dapat menarik kehadiran malaikat dan menjaga rumah dari kehadiran jin atau setan.


Rekomendasi

DMCA Protected