Jazakumullah Khairan Katsiran, Jazakumullah Atau Jazakillah?

Jazakumullah Khairan Katsiran, Jazakumullah Atau Jazakallah?
Jazakumullah Khairan Katsiran, Jazakumullah Atau Jazakallah?

Jazakumullah khairan katsiran merupakan doa dan ucapan singkat yang sering diucapkan oleh ummat muslim pada saat menerima kebaikan dari orang lain.

Dalam pengucapannya ada beberapa macam tergantung dari orang yang memberikan sesuatu yang baik itu.

Sendirian kah atau ada temannya, laki-laki ataukah perempuan yang memberikan, hal tersebut bisa merubah kalmat atau doa yang diucapkan.

Untuk lebih jelasnya agar cara pelafalan doa kepada orang baik tersebut tidak salah ucap maka ikuti terus penjelasan dalam artikel ini.

Maksud Dan Arti Kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran

Jika dilihat dari arti yang terklandung dalam bahasa arab kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran “جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا“. Memiliki arti seperti dibawah ini :

Arab Latin Arti
جَزَا Jazaa Semoga Menambah
كُمُ Kum Kalian
اللهُ Allah Allah
خَيْرًا Khairan Kebaikan
كَثِيْرًا Katsiron Banyak

Maka jika dirampung kalimat جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا mempunyai arti “Semoga Allah Membalas Kebaikanmu Dengan Banyak”

Kalimat diatas menunjukkan doa yang baik untuk orang yang telah berbuat baik namun bukan kepada satu orang melainkan kepada banyak orang.

Layaknya kebaikan dibalas dengan sebuah kebaikan pula maka saat orang lain memberi atau menolong dengan kebaikan sepantasnya membalas juga dengan doa atau kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran.

Rosulullah juga sangat menganjurkan ummatnya untuk mengucapkan doa diatas yang tercantum didalam sebuah hadis.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ مَنْ أَتَى إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَلْيُكَافِئْ بِهِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَلْيَذْكُرْهُ فَمَنْ ذَكَرَهُ فَقَدْ شَكَرَهُ وَمَنْ تَشَبَّعَ بِمَا لَمْ يَنَلْ فَهُوَ كَلاَبِسِ ثَوْبَىْ زُورٍ

Artinya: “Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang diberikan kepadanya sebuah kebaikan, hendaklah ia membalasnya dan barangsiapa yang tidak sanggup maka sebutlah (kebaikan)nya, dan barangsiapa yang menyebut (kebaikan)nya, maka sungguh ia telah bersyukur kepadanya dan barangsiapa yang puas dengan sesuatu yang tidak ia miliki, maka ia seperti seorang yang memakai pakaian palsu.” HR. Ahmad dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih At Taghib Wa At Tarhib,.

فَدَلَّ هَذَا الْحَدِيث عَلَى أَنَّ مَنْ قَالَ لِأَحَدٍ جَزَاك اللَّه خَيْرًا مَرَّة وَاحِدَة فَقَدْ أَدَّى الْعِوَض وَإِنْ كَانَ حَقّه كَثِيرًا. انتهى.

Artinya : “Hadits ini menunjukkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan kepada seseorang “Jazakallah khairan” sekali, sungguh ia telah menunaikan gentian, meskipun haknya banyak.” Lihat kitab ‘Aun al Ma’bud.

Sekilas dari penjelasan hadis diatas bahwa sangat dianjurkan sekali jika mendapatkan kebaikan dari seseorang. Baik berupa pertolongan atau pemberian hadiah maka dianjurkan untuk menddoakan orang tersebut yang sudah memberikan hadiah.

Perbedaan Kalimat Jazakumullah, Jazakallah, Jazakillah

Bagi ummat muslim yang taat tentunya sudah saatnya mengamalkan sunnah Rosulullah SAW terkait mendoakan orang yang telah berbuat baik.

Namun agar ucapan atau doa yang disampaikan tepat sasaran dan tidak salah salam pengucapan, maka ada baiknya pahami arti dari beberapa kalimat yang hampir mirip namun maknanya berbeda.

Jazakumullah Khairan Katsiran Arab

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا didalam kitab Nahwu Shorof diterangkan bahwa kalimat كُمُ memberikan makna yang tertuju kepada orang banyak.

Jadi sangat tepat apabila mendapatkan hadiah dari orang banyak dan berkelompok misalnya, maka ucapkanlah doa atau kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran.

Jazakallah Khairan Katsiran

Jika dilihat dari penjelasan dalam kitab Nahwu Shorof kalimat atau doa yang berbunyi جَزَاك اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا ‘Jazakallah Khairan Katsiran”.

Bahwa ada dhomir khaf “ك” yang berharokat kasroh, hal ini menunjukan makna yang tertuju adalah perempuan.

Bagi kamu yang ingin mendoakan orang yang telah berbuat baik atau menolongmu dan dia adalah seorang laki-laki sendiri maka tepat kamu baca doa Jazakallah Khairan Katsiran.

Jazakillah Khairan Katsiran

Melihat arti kalimat جَزَاك اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا “Jazakillah Khairan Katsiran” menurut ilmu dalam Kitab Nahwu Shorof.

Didalam kalimat tersebut ada huruf Khaf “ك” sebagai tanda dhomir yang berharokat kasroh maka kalimat atau doa tersebut memiliki makna yang tertuju kepada satu orang perempuan.

Apabila ada perempuan yang memberikan hadiah atau menolong kamu maka kaliamat atau doa yang tepat diucapkan adalah Jazakillah Khairan Katsiran.

Cara Menjawab Doa Jazakumullah Khairan Katsiran

Indahnya ummat islam ketika yang diberikan berdoa kemudian yang memberikan hadiah atau pertolonganpun dianjurkan untuk mebalas atau menjawabnya.

Untuk menjawab doa Jazakumullah Khairan Katsiran sebenarnya tidak sulit ringkasnya seperti dibawah ini :

  • Jawaban doa kebaikan yang tertuju untuk perempuan Waiyyaki (وَاِيَّاكِ) Artinya dan kebaikan sebaliknya untukmu juga.
  • Jika doa yang ditujukan untuk laki-laki Waiyyaka (وَاِيَّاكَ) Artinya dan kebaikan sebaliknya untukmu juga.
  • Apabila doa tersebut ditujukan kepada orang banyak maka sampaikanlah waiyyakum (وَاِيَّاكُمْ) Artinya dan kebaikan sebaliknya untuk kalian juga

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait Jazakumullah Khairan Katsiran yang bisa dipahami dalam sebuah artikel skda.co.id. Untuk menambah pemahaman tentang doa kepada orang yang yang telah memberikan hadiah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dalat menjadi ladang amal ibadah mengikuti sunnah Rosulullah SAW sekian dan terimakasih.