Kelebihan Vivo X80, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023

Menjadi salah satu andalan Vivo, intip spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari HP Vivo X80. Cek juga harga terbarunya pada tahun 2023 di pasar Indonesia.

Vivo tak pernah berhenti mengeluarkan produk baru dari lini ponsel. Mereka seakan tidak mau kalah dengan brand lain yang juga sering mengenalkan produk terbaru.

Pada 2022, Vivo mengenalkan seri X80 ke pasar global termasuk Indonesia. Perangkat ini hadir bersama saudaranya, yakni versi Pro. Keduanya tampil sebagai salah satu dari ponsel flagship yang Vivo jual.

Sebagai ponsel flagship, ada banyak fitur keunggulan yang Vivo tawarkan melalui seri X80. Beberapa fitur itu juga yang membuat ponsel ini mampu bertahan di tengahnya persaingan penjualan ponsel yang begitu ketat.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ponsel ini, berikut ulasan mengenai spesifikasi X80, termasuk dengan kelebihan dan kekurangannya.

Tabel Spesifikasi Vivo X80

Sumber: Vivo Indonesia

Dimensi164,95 x 75.23 x 8,30 mm
berat 206 gram
Layarpanel AMOLED 6.78 inci
resolusi FHD Plus
Refresh rate hingga 120 Hz
ChipsetMediaTek Dimensity 9000
CPU clockspeed hingga 3.05 GHz GPU Mali G710
MemoriRAM 12 GB Internal 256 GB
Kamera Depan32 MP
Kamera Belakang50 MP (utama),12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto)
Baterai4500 mAh
Fast charging 80W
FiturWiFi, Bluetooth, fingerprint, GPS, USB tipe C, IR Blaster, dan lainnya
WarnaCosmic Black, Urban Blue

Kelebihan dan Kekurangan Vivo X80

Kelebihan

Vivo X80 memiliki beberapa keunggulam yang sayang bila terlewat begitu saja. Apalagi fitur unggulan ini membuat ponsel asal Tiongkok ini tampil berkualitas. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Desain Kekinian

Vivo X80 hadir dalam ukuran 165 x 75.2 x 8.8 mm dan bobot seberat 203 atau 206 gram. Ukuran ini masih cukup nyaman saat berada di dalam genggaman.

Bila melihat sisi depan dari X80, penampilannya masih mirip dengan pendahulunya, X70. Perangkat ini masih menggunakan desain punch hole untuk menyematkan kamera depan. Walaupun begitu, Vivo X80 memiliki bezel yang lebih tipis dari pendahulunya.

Sementara untuk bagian punggung, X80 tampil dengan modul kamera berbentuk persegi panjang yang membentang sisi belakang. Selain itu, ada pula kompartemen lingkaran yang memuat lensa kamera elakang.

Eksterior X80 menggunakan material bodi berupa kaca pada sisi belakang yang lengkap dengan teknologi anti glare untuk menghindari debu serta sidik jari. Material itu juga yang kemudian membuat ponsel Vivo ini terkesan premium.

Sayangnya, Vivo hanya menyediakan dua warna pada seri ini. Keduanya adalah Cosmic Black serta Urban Blue. Untuk menambah keamanan, perangkat sudah mendapatkan sertifikasi IP53 untuk melindungi dari debu dan percikan air.

Layar yang Mumpuni

Kelebihan Vivo X80 selanjutnya adalah memiliki layar yang cukup mumpuni di kelas ponsel flagship. Ukuran layarnya sekitar 6,78 inci, sedangkan resolusinya sudah menggunakan kualitas gambar Full HD Plus.

Bahkan, Vivo juga sudah membekali ponsel ini dengan panel AMOLED yang membuat tampilan layar X80 bisa cerah. Apalagi display juga mendapatkan dukungan teknologi LTPO2 yang membuat konsumsi daya pada layar menjadi lebih hemat.

Selain itu, layar Vivo X80 juga memiliki laju penyegaran hingga 120 Hz serta sampel sentuh 240 Hz dan HDR10+ sehingga dapat memberikan pengalaman sensorik yang menyenangkan. 

Menariknya, HP Vivo itu membawa konfigurasi kecerahan hingga 1500 nits. Pengaturan itu akan membuat ponsel tetap terlihat jelas meski di cuaca terik.

Audio Berkualitas Prima

Selain memiliki desain dan layar yang kekinian, Vivo ternyata juga menyematkan speaker stereo yang berkualitas prima.

Sebab, ada teknologi Hi Res Audio terbaru di dalamnya.

Walaupun terlihat sederhana, kelebihan pada sisi audio juga akan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para pengguna X80. Momen menonton film atau bermaij game menjadi lebih hidup dengan kondisi audio yang lantang.

Kinerja Mesin Andal

Vivo menggunakan mesin MediaTek Dimensity 9000 dan Vivo V1+ untuk menghasilkan tenaga yang kencang. Chipset Dimensity 9000 dirancang dengan fabrikasi 4nm untuk membuat keluaran tenaga menjadi lebih efisien.

Ada pula dukungan dari CPU berkecepatan hingga 3.05 GHz dan GPU Mali G710, serta teknologi HyperEngine 5.0 demi memaksimalkan tampilan grafis sekaligus mengurangi beban GPU.

Tak ketinggalan pula, Vivo X80 juga memiliki kapasitas memori yang cukup luas. Ada RAM 8 GB dan 12 GB, serta memori internal 128 GB dan 512 GB. Jadi, pengguna bisa menyimpan banyak file.

Dengan beberapa konfigurasi pada sektor dapur pacu itu, hal ini membuat Vivo X80 berhasil mencetak skor AnTuTu 983 ribuan. Skor tersebut menandai ponsel ini memiliki mesin yang cukup andal.

HP Lainnya:

Hal ini terbukti dengan kinerjanya yang mulus dan lancar saat dipakai untuk berbagai aktiimvitas, mulai dari multitasking, browsing, menonton video, hingga bermain game.

Bahkan Vivo X80 sanggup dipakai bermain Call of Duty Mobile dalam setelan grafis tertinggi dengan frame rate yang juga dalam setelan tinggi. 

Kamera Berkualitas Tinggi

Kelebihan Vivo X80 selanjutnya adalah bagian kamera. Sebab, ponsel ini memiliki chipset Vivo V1+ yang memaksimalkan kualitas fotografi juga videografi.

Adapun konfigurasi kamera belakang Vivo X80 terdiri dari lensa utama 50 MP dan berteknologi Sony IMX866 lengkap dengan OIS dan autofokus.

Selanjutnya, ada lensa ultrawide berkekuatan 12 MP yang memiliki sudut pandang luas dan dapat dukungan autofokus. Lensa ini juga bisa berperan sebagai kamera makro karena pandangannya yang luas.

Sementara untuk kamera telefoto, perangkat asal Tiongkok ini memiliki resolusi 12 MP dan dapat melakukan perbesaran optik hingga 2x.

Seluruh lensa kamera belakang terlapisi Zeiss T, lens coating yang bisa mengurangi efek flare dan ghosting.


Rekomendasi

DMCA Protected