[UPDATE MEI-JUNI] Daftar Pelatihan Pekerti-AA 2023

Bagi dosen yang hendak mengikuti sertifikasi dosen alias serdos, tentu wajib update info pelatihan Pekerti-AA 2023. Sebab kedua jenis pelatihan ini sifatnya wajib dan menjadi syarat mutlak untuk bisa mengikuti proses sertifikasi dosen. 

Mengikuti keduanya tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, sebab dari pihak Kemdikbud sendiri sudah menetapkan sejumlah kriteria. Selain itu juga sudah diumumkan pihak mana saja yang layak menjadi penyelenggara. Berikut informasi lengkapnya. 

Pelatihan Pekerti-AA

Update info pelatihan Pekerti-AA 2023 memang penting, akan tetapi memahami keduanya dengan baik juga tidak kalah penting. Pekerti maupun AA merupakan sebuah program pelatihan dari pemerintah melalui Kemdikbud yang ditujukan untuk dosen di Indonesia. 

Pekerti memiliki kepanjangan Pelatihan Teknik Instruksional, yaitu program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen secara profesional dalam menjalankan jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis dan pengajaran.

Harapannya, dosen yang mengikuti Pekerti bisa menjadi dosen profesional saat menjalankan tugasnya. Sesuai dengan hak dan kewajiban di dalam jabatan fungsional maupun melaksanakan aktivitas tri dharma. 

Sementara pelatihan AA (Applied Approach) merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen.

Bagi dosen yang ingin mencari info pelatihan Pekerti-AA 2023 maka bisa mendahulukan pelatihan AA. Kenapa? Sebab pelatihan ini memfokuskan pada peningkatan kompetensi pedagogik dan merupakan kompetensi dasar yang wajib dikuasai dosen. 

Baru kemudian bisa mengikuti Pekerti yang merupakan pelatihan lanjutan. Pekerti bisa membantu dosen memahami arti penting mengembangkan karir akademik lewat jabatan fungsional. Sekaligus bisa berkomitmen melaksanakan aktivitas tri dharma selama masa pengabdian. 

Rekomendasi  Pengertian Korelasional, Macam, Ciri, & Cara Menuliskannya

Pentingnya Pelatihan Pekerti-AA 

Update info pelatihan Pekerti-AA 2023 dan juga mengikutinya secara langsung tentu menjadi hal penting bagi dosen. Program pelatihan ini sendiri diselenggarakan pemerintah dengan tujuan mengembangkan kompetensi dosen. 

Apalagi dengan adanya kebijakan baru bertajuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Maka dosen diharapkan punya kompetensi yang cukup untuk bisa melaksanakan kebijakan baru tersebut di perguruan tinggi. 

Keikutsertaan dosen dalam dua pelatihan ini akan membantu dosen melaksanakan aktivitas tri dharma dengan lebih baik. Sehingga bisa menjadi pendidik dan pengajar yang mumpuni untuk bisa mencetak generasi penerus bangsa berkualitas. 

Oleh sebab itu, bagi dosen yang memang belum mengikuti salah satu maupun keduanya. Silahkan segera mempersiapkan diri, sebab bagaimanapun juga sifatnya wajib apalagi bagi dosen yang belum bersertifikasi. 

Informasi Terbaru Pelatihan Pekerti-AA 2023

erti maupun AA menjadi dua jenis program pelatihan yang sangat penting untuk diikuti oleh seluruh dosen di Indonesia, baik yang mengabdi di PTN maupun PTS. Program pelatihan ini sendiri berjalan sejak beberapa tahun lalu. 

Pada tahun 2021, sertifikat Pekerti maupun AA menjadi syarat administrasi bagi dosen muda untuk bisa mengikuti sertifikasi dosen. Hal ini menunjukan arti penting pelatihan ini untuk diikuti dan dipahami sekaligus diterapkan dosen ketika mengabdi. 

Info pelatihan Pekerti-AA 2023 tentu menjadi sesuatu yang banyak dicari oleh dosen, khususnya dosen muda. Maupun oleh dosen yang memang belum mengikuti pelatihan tersebut. 

Kedua jenis pelatihan ini diselenggarakan oleh instansi berbeda di waktu berbeda juga. Jadwal penyelenggaraan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing instansi yang sudah ditetapkan menjadi penyelenggara resmi oleh Kemdikbud. 

Penyelenggaraan Pekerti maupun AA di sejumlah instansi pendidikan atau perguruan tinggi, di tahun 2023 mayoritas digelar secara online. Hal ini memungkinkan para dosen di daerah dan wilayah manapun untuk bisa ikut pelatihan tanpa perlu datang ke lokasi penyelenggara. 

Rekomendasi  Karakteristik Benua Asia dan Bagian-Bagiannya Secara Lengkap

Selain itu, bisa menjadi solusi tetap bisa ikut pelatihan tanpa khawatir mengalami resiko terpapar Covid-19 yang saat ini kasus positifnya masih ada. Jadi, para dosen di PTN dan PTS lebih leluasa memilih tempat penyelenggara. 

Penyelenggara PEKERTI AA 2023 (Update Maret)

PEKERTI AA 2023 diselenggarakan oleh sejumlah perguruan tinggi, organisasi profesi, dan lembaga pelatihan yang sudah memenuhi standar yang ditetapkan Ditjen Dikti. Memasuki bulan ketiga di tahun 2023 ini, terdapat sejumlah PT membuka pendaftaran. 

Berikut adalah beberapa PT di Indonesia yang secara resmi sudah mengumumkan pembukaan pendaftaran, baik untuk PEKERTI maupun AA tahun 2023: 

1. Universitas Muhammadiyah Surakarta

2. Universitas Pasundan

3. Universitas Airlangga

4. Universitas Negeri Makassar

Waktu Pelaksanaan : 12 – 22 Mei 2023

Biaya : Rp 1.500.000,- (batas pembayaran 12 Mei 2023)

Link Pendaftaran : Formulir Pendaftaran Pekerti-AA UNM

Detail Informasi : LPPM Universitas Negeri Makassar

Narahubung : Sdri. Suharna, WA (0852-1167-0387), Mas Intang, SE. WA( 0823-9312-1616)

5. Universitas Hasanuddin

Periode Pendaftaran : 27 Maret s.d. 10 Mei 2023*

Waktu Pelaksanaan : 8-13 Mei 2023

Link Pendaftaran : Formulir Pendaftaran Pelatihan PEKERTI Unhas

Detail informasi : LPPM Universitas Hasanuddin

Narahubung : Widya Asnita (085256155955) dan Muhammad Ahmad (081343567318)