Cara Melacak HP Hilang Dengan Imei, Email, dan Lewat WA

Cara Melacak HP Hilang – Hampir 70% pengguna smartphone pasti pernah kehilangan HP apalagi saat ini penggunaan HP kini sudah menjadi trend di berbagai kalangan.

Semakin tinggi penggunaan HP, maka akan semakin tinggi pula tingkat kehilangan HP. Nah buat kamu yang sedang kehilangan HP, sangat tapat jika kamu membaca pembasan skda.co.id kali ini.

Didalam artikel ini kami akan membahas berbagai macam tutorial dan cara melacak HP hilang, baik itu hilang karena lupa ataupun hilang karena di curi. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menemukan kembali HP yang hilang tersebut.

5 Cara Melacak HP Hilang yang Harus Kamu Ketahui

Kehilangan HP memang bisa membuat kesal pemiliknya, terlebih di dalam HP tersebut terdapat berbagai macam file atau data penting.

Tapi tenang saja kalau kamu menglami masah seperti ini, kamu masih mengikuti langkah-langkah yang kami berikan dalam pembahasan di bawah ini.

Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Aplikasi Find My Device

Untuk cara melacak HP hilang yang pertama dan paling banyak orang gunakan untuk melacak HP yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasai google yang bernama Find My device.

Aplikasi ini selain dapat menemukan perangkat yang hilang, bisa juga digunakan untuk mengunci perangkat yang di curi. Jika kamu mengalami hal demikian, maka bisa mengikuti panduan berikut.

  • Langkah pertama gunakan perangkat android lain, kemudian download aplikasi Find My Device atau gunakan aplikasi browser dan kunjungi situs https://google.com/android/find
  • Login menggunakan alamat email yang sudah terhubung pada HP yang hilang.
  • Selanjutnya kamu akan melihat beberapa nama perangkat yang terkoneksi dengan alamat email.
  • Kemudian pilih perangkat yang ingin dilacak.
  • Pada halaman ini kamu bisa melihat detail informasi dari perangkat tersebut, termasuk lokasi HP.

Setelah mendapatkan lokasi HP yang hilang, langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan beberapa fitur dan fungsi lainnya dari aplikasi Find My Device, seperti berikut.

  • Play Sound
    Memutar suara HP selama 5 menit.
  • Secure Device
    Kunci perangkat otomatis menggunakan PIN.

Note: Setelah menggunakan fitur Eraser Device, kamu tidak akan bisa menemukan perangkat kembali karena semua data yang ada pada HP akan dihapus secara permanen termasuk alamat email yang terkait pada perangkat.

Cara Melacak Hp Hilang Dengan Email

Selain menggunakan lacak menggunakan aplikasi, kamu juga bisa menemukan HP yang hilang melalui alamat email. Cara melacak HP hilang ini gak jauh berbeda dengan yang pertama seperti langkah-langkah berikut.

  • Pertama buka aplikasi browser, kemudian login menggunakan alamat email terkait pada HP yang ingin dilacak.
  • Selanjutnya pilih menu Manage My Akun.
  • Kemudian masuk ke menu Keamanan dan pilih Perangkat Anda.
  • Nah disini kamu bisa melihat beberapa HP yang sudah terkait dengan email kamu, pilih perangkat yang ingin di cari.
  • Setelah terbuka kamu bisa memilih Cari Perangkat.

Note:

  • Selain mencari perangkat, kamu juga bisa menghapus alamat email yang terhubung pada semua perangkat.
  • Cara ini bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone lain atau PC.

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Setiap HP pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda, nomor ini sering dartikan sebagai tanda pengenal Smartphone. Karena perbedaan inilah pengguna smartphone bisa dengan mudah mencari lokasi perangkat tersebut.

Buat kamu yang ingin mencari perangkat smartphone menggunakan alamat IMEI, bisa ikuti cara melacak HP hilang berikut ini.

Pastikan kamu sudah mengetahui nomor IMEI yang ingin dilacak lokasinya. Jika belum, kamu bisa mendapatkan nomor IMEI ini dengan cara menghubungi *#06# atau juga bisa mendapatkan nomor IMEI dari belakang dus/kotak HP secara langsung.

Setelah memiliki nomor IMEI, kamu bisa meminta bantuan pelacakan HP yang hilang dengan menghubungi Call Center Provider.

Selain menghubungi Call Center, kamu juga bisa melacak HP yang hilang menggunakan aplikasi IMEI Tracker dari Google Playstore.

Penggunaan aplikasinya pun sangat mudah, kamu cuma perlu login menggunankan akun google kemudian masukan nomor IMEI.

Secara otomatis aplikasi IMEI Tracker akan menampilkan daftar lokasi terakhir kamu menggunakan HP.

Cara Melacak HP Hilang Dengan Email Dalam Keadaan Mati

Nah buat kamu yang bertanya apakah bisa melacak HP yang hilang dalam keadaan mati? Meskipun HP dalam keadaan mati, ternyata kamu masih bisa mendapatkan informasi terkini dari perangkat tersebut.

Cara melacak HP hilang pun tidak terlalu ribet, dan kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan, untuk cara kamu bisa mgnikuti panduan berikut.

  • Buka browser, kemudian kunjungi Google Maps.
  • Login menggunakan akun goolge.
  • Selanjutnya buka menu dan pilih Linimasa.
  • Kemudian tentukan tanggal dan waktu terakhir kamu menggunakan HP yang hilang.
  • Secara otomatis google akan memperkirakan lokasi terakhir perangkat kamu di gunakan.

Cara Mengurangi Resiko Kehilangan HP

Ada banyak resiko jika kamu mengalami kehilangan HP, resiko yang paling utama saat kehilangan HP adalah data yang tersimpan dalam poerangkat tersebut.

Untuk mengurangi resiko tersebut, skda.co.id punya tips supaya saat terjadi kehilangan HP, kamu bisa dengan mudah mendapatkan atau menemukan kembalih HP dan data penting di dalamnya.

Aktifkan GPS

Meskipun saat mengaktifkan GPS, baterai kamu akan lebih boros dari biasanya, hal ini bisa membantu saat HP kamu hilang. Dengan begitu kamu bisa melihat kapan saja perangkat kamu berada dengan akurat.

Login Menggunakan Email Utama

Selanjutnya untuk mengurangi resiko kehilangan HP adalah dengan melakukan login email utama pada setiap perangkat kamu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena tak jarang selain email utama pengguna sering kesulitan login akun Google ketika kehilangan HP.

Gunakan Sandi Perangkat

Selain kata sandi akun, katasandi perangkat juga memiliki peran penting dalam hal keamanan, terutama saat kehilangan HP. Dengan begitu saat terjadi kehilangan orang yang menemukan tidak akan bisa membukanya.

Jadi astikan perangkat kamu sudah menggunakan kata sandi yang kuat untuk mengurangi resiko kehilangan hp, baik itu menggunakan PIN, Pola, Fingerprint, ataupun face Unlock.

Selalu Backup Data

Lakukan backup data seminggu sekali supaya saat HP yang hilang tidak bisa ditemukan, kamu masih bisa mendapatkan file-file penting yang tersimpan dalam smartphone.

Untuk backup data sebaiknya menggunakan Google Drive karena selain menjaga keamanan data, proses sinkronisasi perangkat pun sangat mudah.

Catat Nomor IMEI

Mesikipun kamu kehilangan akses akun google, kamu masih bisa melacak HP yang hilang menggunakan alamat IMEI. Hal ini karena nomor IMEI ini merupakan identitas penting pada setiap smartphone dan tidak bisa terhapus ataupun dihapus.

Jadi sebaiknya kamu catat dan simpan nomor IMEI ini sebelum terjadinya resiko kehilangan HP. Tanpa nomor IMEI, kamu tidak akan bisa melacak HP yang hilang sama sekali.

Itulah beberapa cara melacak HP hilang. Meskipun ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menemukan HP yang hilang, namun tips yang kami berikan diatas sudah dapat dibuktikan hasilnya.


Rekomendasi

DMCA Protected