Niat Puasa Akhir Tahun Dan Awal Tahun Hijriah Serta Hukumnya

Niat Puasa Akhir Tahun – Didalam islam saat menjelang akhir tahun sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai macam peramalan salah satunya adalah pusa sunnah.

Tentunya banyak yang sudah mengetahui bahwa pergantian tahun sudah diambang pintu dan saat ini berada pada akhir tahun Masehi.

Jika ummat muslim bisa mengambil sunnah didalamnya pasti ia akan melakukan salah satu sunnah yakni berpuasa.

Bacaan Niat Puasa Akhir Tahun

Pelaksanaan puasa akhir tahun tidaklah sembarangan ada lafazd niat yang perlu dibaca agar puasa yang dilaksanakan sesuai tuntunan dan tujuan.

Akan tetapi meskipun demikian jangan sampai niat puasa karena sesuatu yang lain selain karena Allah SWT karena puasa yang didapat tidak sah.

Adapun bacaan niat puasa akhir tahun adalah sebagai berikut :

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻣِﻦْ ﺍَﺧِﻴْﺮِ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔِ ﺳُﻨَّﺔً ﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟﻰَ

Latin : Nawaitu shouma ghodin min akhiiris sanati sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa sunah akhir tahun esok hari karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Puasa Awal Tahun

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻣِﻦْ ﺍَﻭَّﻝِ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔِ ﺳُﻨَﺔَ ﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Latin : Nawaitu shouma ghodin min awwali sanati sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa sunah awal tahun esok hari karena Allah Ta’ala.”

Cara membacanya sama seperti saat melaksanakan puasa wajib yakni setelah masuk waktu isya sampai sebelum datangnya waktu subuh.

Hukum Puasa Akhir Tahun

Jika berbicara hukum tentunya membutuhkan dalil atau hadis penguat dari sesuatu yang dihukuminya. Begitu juga dengan puasa akhir tahun hukumnya adalah sunnah.

Rekomendasi  Niat Puasa Tarwiyah Arab, Latin, Arti Dan Keutamaannya

Sebagaimana hadis Rosulullah SAW.

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رضى الله عنهما: عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم: أَنَّهُ سَأَلَهُ أَوْسَأَلَ رَجُلًا وَعِمْرَانَ يَسْمَعُ فَقَالَ: يَاأَبَا فُلَان، أَمَا صُمْتَ سَرَرَ هَذَا الشَّهْرِ؟—قَالَ: أَظُنُّهُ. قَالَ: يَعْنِي رَمَضَانَ.—قَالَ الرَّجُلُ: لَا يَارَسُولَ اللهِ. قَالَ: فَإِذَا أَفْطَرْتَ فَصُمْ يَوْمَيْنِ. لَمْ يَقُلِ الصَّلْتُ أَظُنُّهَ يَعْنِي رَمَضَانَ. رواه البخاري.

Artinya, “Diriwayatkan dari Imran bin Al-Husain RA, dari Nabi SAW bahwa ada orang bertanya kepada beliau, atau beliau bertanya kepada seseorang, sementara Imran mendengarnya. Lalu Rasulullah berkata, ‘Wahai Abu fulan, apakah kamu puasa akhir bulan (Sya’ban) ini?’—Abu An-Nu’man berkata, ‘Saya duga maksudnya adalah bulan itu.’ As-Shalt bin Muhammad berkata,

Tujuan Puasa Akhir Tahun

Ummat muslim dalam mengakhiri tahun baru Hijriyyah boleh saja merayakannya akan tetapi tidak seperti pada umumnya hura-hura seperti pesta akhir tahun Masehi.

Yang tentunya banyak mengundang madhorot yang menjadikan pribadi semakin tidak baik padahal keinginan banyak manusia kedepannya semakin baik.

Bagi muslim yang cerdas akhir tahun adalah momen yang sangat tepat untuk melakukan penilaian-penilaian terkait baik buruknya pengamalan yang telah dilakukan.

Jika memang baik maka tingkatkan kearah yang lebih baik atau minimal setandar sebisa mungkin jangan berubah ke yang lebih tidak baik.

Maka dengan adanya melaksanakan puasa sunnah tentu akan membantu cara berfikir kearah yang lebih positif tidak mudah tergoyahkan untuk berfikir yang malah menjerumuskan.

Selain itu tujuan puasa sunnah akhir tahun bisa juga dijadikan sebagai momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena puasa juga bisa mengalahkan hawa nafsu sehingga yang ada didalam hati sanubari adalah Allah SWT sebagai satu-satunya penolong dalam hidup.

Puasa sunnah akhir tahun juga bisa menjadi penutup amal-amal saat detik-detik tahun akhir akan berlalu.

Rekomendasi  Mukjizat Nabi Muhammad SAW Yang Terbesar Adalah, Simak!

Bukankah penutup segala sesuatu sebaiknya adalah dengan amalan yang baik. Jika demikian maka puasa sunnah akhir tahun adalah solusi penutup amalan yang baik.

Amalan Sunnah Lainnya Pada Akhir Tahun

Selain disunnahkan berpuasa saat akhir tahun, maka ummat muslim disunnahkan untuk melakukan beberapa amalan-amalan sunnah lainnya.

Yang hal ini dapat menambah pahala kebaikan sehingga bisa menutupi kekurangan yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Adapun beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan pada akhir tahun adalah :

  • Memperbanyak sholat sunnah
  • Menyambung tali silaturahim kepada kerabat saudara yang kiranya sudah renggang
  • Bersedekah semampunya dengan sesuatu yang dapat bermanfaat oleh orang lain
  • Melakukan perjalanan ziarah makam para Wali atau orang-orang sholih
  • Mendatangi orang-orang alim untuk mendapatkan nasihat
  • Membaca surat Al-ikhlas sebanyak-banyaknya

Untuk amalan ringan yang dapat dikerjakan pada akhir tahun sebagai berikut :

  • Mandi dengan niat mandi taubat atas semua kesalahan yang pernah dilakukan
  • Menjenguk teman atau kerabat atau saudara yang sedang sakit
  • Memberikan nafkah kepada keluarga dengan jumlah yang lebih
  • Memotong kuku dengan membersihkannya dari kotoran dan najis
  • Memberikan kasih sayang terhadap anak yatim

Jika dilihat amalan diatas sangat ringan akan tetapi jangan disepelekan, karena akan memeberikan efek positif pada diri sendiri dan orang lain yang terlibat.

Anjuran Berdoa Di Akhir Tahun

Setelah mengetahui berbagai macam amalan yang dapat dilakukan pada akhir tahun, maka jangan dilupakan untuk membaca doa akhir tahun karena hal ini termasuk anjuran Rosulullah SAW.

Setiap manusia tentunya ingin menjadi lebih baik dihari-hari berikutnya sama halnya dengan keinginan pada tahun yang akan datang.

Maka dari itu dengan adanya doa yang dibaca saat akhir tahun, harapan besarnya Allah beri kemudahan dalam menjalani kehidupan yang akan datang.

Rekomendasi  Syarat Sah dan Syarat Wajib Dalam Shalat

Adapun doa yang bisa dibaca saat akhir tahun kurang lebihnya seperti dibawah ini :

Artinya: “Wahay Tuhanku, Ampunilah diriku atas tingkah laku yang telah diperbuat pada tahun ini yang sebenarnya telah engkau larang Akan tetapi sementara diriku belum sempat mengikrarkan kata tobat, perilakuku yang Engkau maklumi sebab kemurahan Mu padahal sebenarnya engkau mampu menyiksaku, dan saat aku berbuat (dosa) yang Engkau perintah untuk untyuk diriku adalah tobat Namun sementara aku menentangnya yang berarti telah durhaka terhadap-MU.

Keterangan

Dari semua penjelasan diatas terkait Niat Puasa Akhir Tahun dan juga peramalan-peramalan lainnya yang dilakukan saat akhir tahun.

Merupakan amalan untuk tahun baru islam sebagaimana Rosulullah SAW mengajarkan kepada ummatnya untuk melakukan berbagai amalan ketika akan berganti tahun baru ISLAM.

Wallahu A’lam


Rekomendasi

DMCA Protected