Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Tubuh

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Tubuh
Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Tubuh

Contoh Teks Pidato Singkat – Berbicara mengenai pidato memang merupakan salah satu hal yang menarik. Pidato ini merupakan aktivitas yang bisa semua orang lakukan untuk berbicara di depan umum. Untuk berbicara di depan umum tentunya membutuhkan teks, nah yang bingung ingin menggunakan teks yang seperti apa. Bisa simak contoh teks pidato singkat tentang kesehatan pada artikel ini.

Biasanya yang orang menyampaikan pidato merupakan salah satu orang yang penting dalam suatu perkumpulan atau organisasi. Menyampaikan pidato juga biasanya harus sesuai dengan tema yang ada dalam acara. Nah kalau teks yang akan artikel ini berikan mungkin akan cocok untuk tema acara yang berkaitan dengan kesehatan.

Kalau begitu untuk yang membutuhkan teks pidato singkatnya. Bisa terus saja menyimak artikel skda.co.id. Nantinya para pembaca akan menemukan beberapa penjelasan mengenai struktur dan juga lain sebagainya. Pokoknya semua penjelasan mengenai pidatonya akan sangat lengkap disini.
Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Mudah Dihafal

Untuk yang ingin mencari teks pidato mengenai kesehatan, langsung saja lihat contoh yang kami berikan di bawah ini. Karena kami sudah menyiapkan teks yang sangat cocok untuk pembaca gunakan saat berpidato mengenai kesehatan.

Berikut contoh teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan, berjudul pentingnya menjaga kesehatan.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama mari kita selalu memanjatkan puji dan syukur kehadiran Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang mana hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kemampuan untuk bisa bertemu dan juga berkumpul pada acara pagi ini. Hari ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Rekomendasi  Ciri Puisi dan Prosa Pengertian, Jenis-Jenis, Contohnya Dll

Hadirin sekalian,

Hidup yang sehat itu sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Upaya melakukan hidup sehat dapat dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan. Selain kebersihan lingkungan, menjaga tubuh kita dari berbagai jenis penyakit juga sangat penting. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat akan membantu kita dalam menjaga kesehatan.

Melakukan hidup yang sehat seperti menjaga kebersihan tubuh, rajin menggosok gigi dan juga membersihkan kuku. Tidak hanya itu tetapi kita juga harus makan-makanan yang bergizi serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Tidak membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya.

Dengan melakukan semua itu, otomatis tubuh dan juga lingkungan akan sehat. Melakukan kegiatan pembersihan lingkungan dan kebersihan tubuh juga merupakan sebagian dari iman. Maka dari itu jika kita menjaga semuanya tetap sehat akan berdampak pada segala hal.

Untuk itu marilah kita selalu menjaga kebersihan dan juga kesehatan lingkungan hidup yang ada disekitar kita. Mungkin itu saja sedikit pidato mengenai kesehatan yang dapat saya sampaikan, jika ada kekurangan atau kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Struktur Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Beserta Contohnya

Sudah melihat isi pidato yang kami berikan di atas tadi. Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau membuat teks seperti itu membutuhkan struktur. Memang dalam pembuatan teks harus sesuai dengan struktur yang ada. Dengan mengikuti struktur yang ada, teks akan terlihat semakin sempurna.

Sebenarnya struktur dalam teks ini hanya ada 3 yaitu pembukaan, isi dan juga penutup. Dalam setiap masing-masing bagian struktur memiliki poin-poin yang harus dilengkapi. Nah untuk lebih jelasnya lagi, bisa simak beberapa penjelasan bagian struktur dan juga contoh yang akan diambil dari teks pidato di atas tadi dengan judul pentingnya menjaga kesehatan.

Rekomendasi  8 Cara Menjadi Dosen yang Baik dan Kaya Akan Prestasi

Pembukaan

Bagian pertama dalam teks pidato singkat tentang kesehatan adalah pembukaan, yang mana pada bagian pertama ini biasanya akan berisikan poin sapaan. Pembaca pidato menyapa terlebih dahulu para pendengar dengan salam seperti Assalamu’alaikum, selamat pagi atau lain sebagainya.

Selain menyapa para komunikan, komunikator juga akan memberikan ucapan syukur ataupun penghantar untuk menuju pada topik bahasan. Nah bagian struktur yang satu ini juga merupakan bagian yang wajib ada dalam pidato.

Sebagai contoh kalimat pembukaan : Pertama mari kita selalu memanjatkan puji dan syukur kehadiran Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang mana hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kemampuan untuk bisa bertemu dan juga berkumpul pada acara pagi ini. Hari ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kesehatan.

 

Isi

Selanjutnya adalah bagian pokok dalam teks pidato, yaitu isi. Biasanya dalam bagian ini akan berisikan pembahasan mengenai materi yang disampaikan oleh komunikator. Penyusunan materi yang akan komunikator sampaikan ini harus benar dan juga rapi. Agar nantinya para komunikan bisa memahami isi dari pidato dengan mudah.

Bisa juga berisikan tentang beberapa hal yang mendukung argumen komunikator. Agar para komunikan juga percaya dengan apa yang disampaikan oleh komunikator tersebut saat berpidato.

Berikut contoh isi dari pidato : Mulai dari awal paragraf ‘Hidup yang sehat itu sangat penting untuk kelangsungan hidup kita.’ Hingga akhir paragraf ‘Maka dari itu jika kita menjaga semuanya tetap sehat akan berdampak pada segala hal.’

Penutup

Bagian yang paling akhir pada teks pidato singkat tentang kesehatan adalah penutup. Dengan melakukan penutupan menandakan bahwa pidato telah selesai. Biasanya dalam penutupan akan berisi kesimpulan dari materi yang sudah komunikator sampaikan pada pidato tersebut. Ini juga memiliki tujuan agar para komunikan bisa mengetahui pokok dari pembahasan pada pidato tersebut dengan mudah.

Rekomendasi  Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Agama Islam + Haditsnya

Ucapan terimakasih oleh komunikator kepada para komunikan juga akan berada dalam bagian penutupan ini. Tidak ketinggalan permintaan maaf dari komunikator untuk kata-kata yang kurang berkenan dan lain sebagainya juga di sampaikan pada bagian struktur penutup ini.

Contoh dari bagian penutupan pidato : Untuk itu marilah kita selalu menjaga kebersihan dan juga kesehatan lingkungan hidup yang ada disekitar kita. Mungkin itu saja sedikit pidato mengenai kesehatan yang dapat saya sampaikan, jika ada kekurangan atau kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih.

Tips Penyampaian Pidato Dengan Baik

Nah setelah melihat struktur dari teks pidato dan juga sudah mendapatkan contoh pidatonya. Mungkin para pembaca yang ingin melakukan kegiatan berpidato, perlu menyimak pembahasan ini terlebih dahulu. Karena untuk menyampaikan pidato, para komunikator harus memiliki persiapan terlebih dahulu.

Menyampaikan pidato memang perlu persiapan agar hasilnya sangat maksimal. Penyampaian juga harus sangat lancar tanpa ada hambatan apapun. Nah untuk itu bisa langsung saja menyimak beberapa penjelasan mengenai tips penyampaian pidato dengan sangat baik untuk pemula.Pertama harus memahami apa saja materi yang akan disampaikan saat berpidato nanti, agar saat terjadi kelupaan tidak keluar dari pembahasan.

Selanjutnya para pembaca pidato harus bisa melakukan pembacaan dengan artikulasi yang tepat. Agar para komunikan bisa memahami maksud dan mendengar perkataan dengan jelas.
Harus memilih penggunaan bahasa yang sangat mudah dimengerti oleh semua orang.
Berpenampilan dengan sangat rapi dan tidak terlalu mencolok.
Lalu saat akhir pidato harus bisa memberikan kesimpulan ataupun saran yang tepat tentang tema yang disampaikan tadi.

Rekomendasi

DMCA Protected