Doa Naik Pesawat Terbang Bahasa Arab, Latin & Artinya

Doa Naik Pesawat – Alat transportasi dizaman saat ini semakin canggih, baik yang berada dilaut, didarat maupun di udara. Manusia tinggal memilih akan menggunakan yang mana saja sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing.

Terlebih saat ini untuk perjalanan semakin dibuat mudah seperti halnya perjalanan darat ada Tol yang bisa mempersingkat waktu dalam melangkah sampai ketempat yang dituju.

Perjalanan udara atau naik pesawat tentunya akan semakin cepat dan mempersingkat waktu perjalanan berkali lipat. Namun semua itu sangat dianjurkan sebelum naik kendaraan terutama pesawat penumpang diharapkan berdoa terlebih dahulu.

Bacaan Doa Naik Pesawat Arab, Latin Dan Artinya

Naik pesawat terbang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang, baik itu untuk tujuan bisnis maupun rekreasi. Akan tetapi seperti yang disampaikan pada laman diatas, sebelum menaiki pesawat, dianjurkan untuk membaca doa agar dalam perjalanan diberkahi dan dilindungi oleh Allah SWT.

Maka dari itu penulis disini akan menuliskan bacaan doa naik pesawat dengan teks arab, latin dan artinya agar pembaca skda.co.id mudah untuk menghafal dan memahaminya.

Penulis sangat memahami tidak semua ummat muslim diberikan kemudahan untuk membaca doa dengan tulisan Arab. Ada juga yang bisa membaca namun tidak paham akan artinya.

Berikut dibawah ini bacaan doa naik pesawat arab, latin dan artinya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

“Allahumma inni a’udhu bika min zawali ni’matik, wa tahawwuli ‘afiyatik, wa fujaa’ati niqmatik, wa jami’i sakhatik.”

Artinya :

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesehatanku, kejutan siksa-Mu dan seluruh kemurkaan-Mu.”

Doa tersebut dibaca sebelum naik pesawat atau sebelum pesawat mulai naik atau terbang keudara.

Doa Naik Pesawat Sesuai Sunnah

Didalam ajaran islam sangat dianjurkan ketika bepergian untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum berangkat atau pada saat menaiki kendaraan. Karena tujuan yang akan datang yang tahu baik atau buruk hanyalah Allah SWT yang tahu. Manusia biasa tidak mengetahuinya kecuali yang Allah beri tahu.

Begitu pula ketika naik pesawat segala hal buruk diperjalanan udara manusia tidak mengetahuinya. Agar perjalanan dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah maka sebaiknya panjatkanlah doa naik pesawat.

Adapun bacaan doa naik pesawat sesuai sunnah dapat dilihat dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفْرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

“Allahumma inna nas’aluka fi safarina hadzal birra wat taqwa, wa minal ‘amali ma tardha, Allahumma hawwin ‘alaina safarana hadza, wathwi ‘anna bu’dahu, Allahumma antas sahibu fis safar, wal khalifatu fil ahli, Allahumma inni a’udzu bika min wa’thaa’is safar, wa kaabatil manzari, wa su’il munqalabi fil mali wal ahli.”

Artinya :

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan ini, dan juga amalan yang diridhai oleh-Mu. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami dan jauhkanlah kami dari kesulitan dan bahaya. Ya Allah, Engkau adalah teman perjalanan kami dan pelindung keluarga kami di rumah. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari kepenatan dalam perjalanan, pemandangan yang membosankan, dan buruknya keadaan yang terjadi pada harta dan keluarga kami.”

Sebelum atau pada saat pesawat akan naik keudara maka bacalah doa tersebut diatas, berharap agar Allah melindungi dalam perjalanan udara.

Doa Naik Pesawat Terbang Arab

Aura naik pesawat dengan transportasi lainnya memang berbeda, karena naik pesawat bahaya buruknya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan sangat mengerikan. Hancur luluh lantak bahkan tak tersisa.

Akan tetapi bukan berarti naik pesawat sangat berbahaya, hal tersebut diatas jika terjadi hal yang fatal namun semua itu atas izin dari Allah SWT. Maka sebagai muslim ketika naik pesawat jangan lupa untuk membaca doa naik pesawat.

Adapun bacaan doa naik pesawat islam dapat dilihat seperti dibawah ini :

“Allahumma inna nastauduuka anfusanaa wa ahlaanaa wa amwaalanaa, allahumma aj’al ath-thiirana alladzii nasaafru bihi fi hifdhika wa amaanika, wa saairu wasaaailin naqlil ladzii nastakhdhimihaa, allahumma aj’alas samaaa-alladzii nahluku fihaa samaa’an thoo hurotin wa al-ardhialladzii natrukhaa ardhan mubaarokotan, wal jawwaladzii natanafasahu hawa’an shihhiyan, wal ajwaa-al-ladzii namuru bihaa amanan, allahumma ahfaznaa wa ahlaanaa wa man nahbu bihifzika wa ‘ainikal-laty laa tanam.”

Artinya :

“Ya Allah, kami menitipkan diri kami, keluarga kami, dan harta kami kepada-Mu. Ya Allah, jadikanlah pesawat yang kami naiki dalam perlindungan dan keamanan-Mu, dan juga kendaraan yang kami gunakan. Ya Allah, jadikanlah langit tempat kami terbang sebagai langit yang suci, bumi yang kami tinggalkan sebagai bumi yang diberkahi, udara yang kami hirup sebagai udara yang sehat, dan suasana yang kami lewati sebagai suasana yang aman. Ya Allah, lindungilah kami, keluarga kami, dan orang-orang yang kami cintai dengan perlindungan dan pengawasan-Mu yang tidak pernah tidur.”

Adab Ketika Hendak Naik Pesawat Secara Islam

Selayaknya ummat islam harus selalu mengedepankan adab, sesuai dengan sabda Rosulullah SAW “Aku “Rosulullah” diturunkan kemuka bumi karena untuk menyempurnakan Akhlak (Adab).

Begitu pula ketika akan menaiki pesawat bagi ummat muslim harus mengedepankan adab agar didalam perjalanan selalu Allah limpahkan keberkahan. Berikut dibawah ini beberapa adab ketika hendak naik pesawat secara islam.

Luruskan Niat

Sebelum berangkat, pastikan niat Anda hanya untuk beribadah atau tujuan yang baik. Niat yang baik akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih bermanfaat dan penuh berkah.

Membaca Doa

Berdoalah sebelum dan selama perjalanan untuk meminta perlindungan Allah SWT dan agar perjalanan berjalan lancar dan aman.

Berpakaian Sopan

Pilihlah pakaian yang sopan dan tidak mengumbar aurat. Hindari pakaian yang terlalu ketat, terlalu transparan, dan terlalu pendek.

Usahakan Dalam Keadaan Suci

Pastikan diri Anda bersih dan suci saat berangkat, terutama jika Anda akan melakukan ibadah seperti shalat atau umrah.

Menghargai Penumpang Lain

Hormati hak-hak penumpang lain dan hindari perilaku yang mengganggu seperti merokok, makan makanan yang berbau tidak sedap, atau berbicara dengan suara keras.

Berbicara Yang Bermanfaat

Hindari percakapan yang tidak bermanfaat dan bisa menimbulkan fitnah atau kesalahpahaman.

Ikuti Peraturan Pesawat

Patuhi aturan dalam pesawat, seperti menyalakan sabuk pengaman, tidak merokok di dalam pesawat, dan tidak membawa barang yang dilarang.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait doa naik pesawat yang ditulis dalam artikel pendidikan ini. Semoga dapat bermanfaat terlebih bagi ummat muslim yang hendak melakukan perjalanan jauh melalui udara. Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected